Tolak Islamophobia, Restoran di Australia Ini Pekerjakan Wanita Berhijab

gomuslim.co.id- Beredarnya Islamophobia di sejumlah negara masih membuat umat Muslim merasa tidak aman dan geram. Banyak pihak yang menolak Islamphobia dengan cara-cara yang halus. Salah satunya yang dilakukan oleh pemilik salah satu restoran dan bar di Australia, Moroccan Soup Bar.

Hana Assifiri seorang pemilik Moroccan Soup Bar, ia mendeskripsikan dirinya Muslim feminis. Ia tidak menerima pelayan maupun koki yang bukan Muslim. Dirinya hanya mau mempekerjakan wanita Muslim di restorannya.

Hana menjelaskan bahwa Moroccan Soup Bar memiliki konsep yang berbeda dari restoran biasanya. Dalam kebijakannya, Moroccan Soup Bar menerima pekerja wanita Muslim untuk membantu para Muslimah lain mendapatkan pekerjaan dan memerangi Islamophobia.

Nama Moroccan Soup Bar bukan berarti menjual beragam minuman keras namun lebih populer di kalangan pecinta vegetarian. Restoran ini menyajikan berbagai sajian sup dan sayuran, restoran yang berada di Fitzroy North. Restoran ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. 

"Ketika wanita Muslim membutuhkan pekerjaan, saya akan memberinya pekerjaan walaupun saya tidak membutuhkan tenaga kerja. Saya percaya pada pemberdayaan perempuan daripada amal. Mereka juga diberikan lingkungan yang memadai," tutur Hana seperti dilansir dari publikasi News Australia.

Selama bekerja di restorannya, Hana memberikan kelonggaran untuk para karyawan menyempatkan diri beribadah. Bahkan ketika restoran dalam keadaan sibuk, Hana tetap mengizinkan karyawannya mengerjakan shalat. Tak heran bila hampir semua karyawannya berhijab.

Dirinya ingin memberikan kenyamanan kepada para Muslimah saat bekerja. Meski demikian, Hana tetap berusaha profesional. Meski bekerja di restorannya tak perlu resume tapi tetap harus memiliki pikiran dan kemauan yang kuat.

"Meskipun Anda mungkin tidak perlu resume untuk masuk, Anda tetap harus berpikiran kuat dan berkemauan kuat untuk bekerja di sini. Selama Anda menghormati satu sama lain, saya tidak peduli jika rambut Anda panjang, hitam, putih, berhijab, pekerjaan adalah pekerjaan. 

Dengan banyaknya pelayan berhijab di restorannya, Hana menuturkan kalau beberapa pelanggan sering bertanya mengapa mereka memakai hijab dan apa maknanya. 

"Pelanggan sering bertanya kepada saya seperti mengapa wanita itu memakai hijab di kepalanya, saya hanya pergi dan bilang itu simbol dari imannya,” pungkasnya. (nat/newsaustralia/dbs)


Back to Top