Pasca Penantian Panjang, Kini Umat Muslim di Kota Mbabane Afrika Segera Miliki Masjid

gomuslim.co.id- Keberadaan masjid menjadi kebutuhan umat Muslim di Swaziland, sebuah negara kecil di selatan Afrika. Menurut Salah seorang Muslim Swaziland, Usman mengatakan masjid pertama di Swaziland dibangun pada 1978 di perkampungan Ezulwini. Karena letaknya yang cukup jauh, akibatnya umat Muslim yang tinggal di Mbabane kesulitan  untuk menunaikan shalat lima waktu di Masjid Ezulwini.

Di ibu kota Swaziland memang belum ada masjid, yang ada hanya sebuah mushola yang terletak di Malunge Township. Mushola berkapasitas 25 jamaah itu dibangun sekitar 1982 sehingga mushola itu tak bisa digunakan untuk shalat Jumat.

“Sekarang sudah bisa menampung 60 jamaah, tapi masih kurang representatif. Meski begitu, mushola tetap digunakan semaksimal mungkin oleh umat Islam yang menetap di ibu kota,” ujarnya.

Selain untuk shalat, mushola juga digunakan sebagai madrasah, tempat anak-anak Muslim mengaji, dan belajar ilmu-ilmu keislaman.

Sementara itu, untuk pelaksanaan shalat Jumat, lanjut Usman, warga Muslim di Mbabane terpaksa harus menempuh jarak 15 kilometer untuk sampai di Masjid Ezulwini. Bagi mereka yang tak memiliki kendaraan, cukup sulit untuk mencapai masjid itu.

“Apalagi jika Ramadhan datang, umat Islam agak kesulitan untuk bisa shalat tarawih berjamaah, itikaf, dan ibadah lainnya. Kemudian tidak adanya sarana transportasi umum menuju perkampungan Ezulwini dari ibu kota pada malam hari. Dan Masjid Ezulwini pun tak terlalu besar,” jelas dia.

Sedangkan, kapasitasnya hanya bisa menampung 300 jamaah di dalam dan 70 orang di luar. Mnurutnya membangun masjid di ibu kota sudah menjadi kebutuhan yang mendesak. “Masjid yang besar diperlukan untuk mendirikan shalat lima waktu, buat madrasah, serta program-program dakwah lainnya bagi umat Islam yang tinggal di lingkungan yang minoritas Islami,” tukasnya.

Namun saaat ini, penantian panjang umat Islam di Kota Mbabane rupanya membuahkan titik terang. Pasalnya Mbabane akan dibangun sebuah masjid. Saat ini, umat Islam di kota itu sedang membangun sebuah masjid besar yang diberi nama Masjid-E-Yusuf. Di sekitar masjid itu, juga akan dijadikan pusat kajian Islam atau Islamic Center.

Pembangunan masjid itu juga seudah mengantongi izin dari pihak-pihak terkait. Sebagai agama minoritas, untuk mendirikan tempat ibadah memang membutuhkan izin dari pemerintah dan masyarakat di sekitarnya dan semua perizinan itu telah dipenuhi. Diharapkan proses pembangunan masjid segera selesai agar umat Muslim di Mbabane lebih leluasa dalam beribadah.  (nat/dbs)


Back to Top