Sambut Ramadhan, Dompet Dhuafa Kembali Kirim Puluhan Dai ke 20 Negara

gomuslim.co.id- Dompet Dhuafa kembali mengirimkan sejumlah dai ke luar negeri. Program yang telah berjalan sejak 2013 ini menjadi rutinitas tahunan Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) selama bulan suci Ramadhan. Dengan demikian, tahun ini merupakan kali kelima secara berturut-turut pengiriman dai ke 20 negara berbeda.

Direktur Dompet Dhuafa (DD), Imam Rulyawan menjelaskan, Ramadhan tahun ini DD memberdayakan 20 dai yang akan bertugas mensyiarkan zakat di 20 negara. "Tujuannya yaitu menyampaikan pesan-pesan Islam yang Rahmatan lil 'alamin, Islam yang damai, Islam Nusantara yang moderat. Itu misi utama kita," ujar Imam di Jakarta, Kamis (25/5/2017).

Pada kesempatan yang sama, Head of Cordofa, Ahmad Fauzi Qosim menjelaskan bahwa sebelum ditugaskan di berbagai negara, para dai Ambassador terlebih dahulu dibekali training yang disampaikan oleh Jajaran Dewan Syariah, Direksi serta manajemen Dompet Dhuafa, serta training tersebut meliputi pembahasan Zakat Infak, Sedakah dan Wakaf (Ziswaf), Fiqih minoritas, Fiqih ikhtilaf, pemberdayaan Ziswaf, serta berbagai pelatihan lainnya.

“Alhamdulillah syiar zakat Ramadhan tahun ini dilaksanakan di berbagai negara di 20 negara antara lain Hong Kong, Macau, Korea Selatan, Australia, Amerika, Timor Leste, Tiongkok, Thailand, Selandia Baru, Filipina, Malaysia, Myanmar, Perancis, Italia, Yunani, Suriname, Brunei Darussalam, Taiwan, Inggris dan Jepang," ucapnya.

Fauzi menambahkan Dompet Dhuafa bekerjasama dengan mitra-mitra yang berada di luar negeri dalam program Dai Ambassador ini, antara lain yaitu dengan KBRI dan KJRI di luar negeri, NGO lokal dan kantor perwakilan atau cabang Dompet Dhuafa di luar negeri.

Selama di luar negeri, selain mengisi kajian keislaman, para dai ambassador pun akan menjadi Imam Shalat Tarawih dan Shalat Ied, melakukan pembinaan muallaf, syiar zakat, memperluas pengembangan jaringan dakwah internasional, menginisiasi Islamic Learning Center di berbagai negara, dan tentunya sebagai diplomat kemanusiaan untuk masyarakat dunia.

Selain mengirimkan dai ke belahan dunia, Cordofa juga akan turut meramaikan dakwah nusantara dengan memberdayakan 135 orang dai lokal di setiap penjuru nusantara dengan berbagai program yang dijalankan, antara lain yaitu Forum Halaqoh Qur’an, Dai Bina Sahabat Pedalaman, Dai Samudra, Bina Santri Lapas, Bina Rohani Pasien, Dai Perkantoran, Dakwah On Air, Dai Komunitas. Sehingga nilai-nilai ziswafpun tersebar luas di setiap penjuru Indonesia.

Sebelumnya, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H/2017 M, Dompet Dhuafa menggulirkan program #Zakat360 dengan tema Buka Belenggu Kemiskinan. Lanjutan gerakan Zakatnesia ini bertujuan untuk membangkitkan semangat gaya hidup berzakat yang terus menyatu dengan Indonesia.

Menurut GM Resource & Mobilization Dompet Dhuafa, Urip Budiarto, #Zakat 360 berupaya mengubah kondisi kemiskinan menjadi keberdayaan. "Gerakan ini dukungan secara komperhensif dan totalitas kepada masyarakat, kita tidak mau setengah-setengah, 360 derajat,” ujar Urip. (njs/dd)


Back to Top