Warga Muslim Skandinavia Kini Resmi Miliki Masjid Terbesar di Kota Malmo

gomuslim.co.id- Masjid terbesar di Skandinavia dibuka pada awal Mei 2017. Masjid ini memudahkan umat Muslim di daerah  tersebut melakukan ibadah, khususnya juga bagi  orang-orang dengan kebutuhan khusus, fasilitas untuk wanita dan anak-anak untuk melaksanakan ibadah shalat

Publikasi Qatar News Agency melaporkan Masjid bernama Umm Al-Mu'minin Khadijah di kota Malmo, Swedia ini berafiliasi dengan Wakf Scandinavia di Swedia. Dibangun di atas lahan seluas 1791 meter persegi dan masjid ini dapat menampung 2.000 jamaah.

Direktur Departemen Urusan Islam di Kementerian Awqaf dan Urusan Islam, Khalid Shaheen Al Ghanim mengatakan bahwa masjid tersebut dibangun dan dilengkapi oleh Kementerian Awqaf dan Urusan Islam di negara bagian Qatar dengan biaya lebih dari 3 juta euro.

Dia menambahkan bahwa Masjid Umm Al-Mu'minin Khadijah adalah masjid terbesar di Skandinavia dan terletak di lantai satu dan dua gedung berlantai empat Wakf of Skandinavia di Swedia.

Masjid ini dilengkapi dengan fasilitas untuk orang-orang dengan kebutuhan khusus untuk melakukan sholat dan juga untuk anak-anak dan perempuan.

Upacara pembukaan secara resmi masjid ini dilakukan pada Rabu, (03/05/2017) dan dihadiri oleh perwakilan pemerintah lokal Swedia, perwakilan institusi Islam di Swedia dan Denmark, serta sejumlah pengusaha.

Untuk diketahui, Malmo adalah ibukota dan kota terbesar di wilayah Swedia Scania. Ini juga merupakan kota terbesar ketiga di Swedia, tempat ribuan Muslim tinggal.

Warga muslim di kota ini berjumlah antara 450.000 dan 500.000 dari sembilan juta orang Swedia, menurut laporan Departemen Luar Negeri AS pada tahun 2011.

Sedangkan, Skandinavia adalah Skandinavia merujuk kepada dua negara, (Norwegia dan Swedia) yang terletak di Jazirah Skandinavia, ditambah Denmark.

Jazirah Skandinavia mempunyai populasi yang rendah dan ditutupi dengah hutan pinus, birch dan, cemara. Di bagian barat dan utara terdapat pegunungan. Pegunungan Skandinavia adalah salah satu pegunungan tertua di dunia. Gunung yang tertinggi adalah Galdhøpiggen di Norwegia.

Denmark adalah negara Skandinavia yang terkecil, populasinya lebih padat, dan kebanyakan dari lahannya digunakan untuk pertanian. Kopenhagen, ibukota dari Denmark, adalah kota terbesar di Skandinavia.

Skandinavia adalah bagian dari Negara Nordik yang juga mencakup Islandia dan Finlandia. Kelima negara ini mengkordinasi aktivitas politik dan kebudayaan di Dewan Nordik. Denmark, Finlandia, dan Swedia adalah anggota Uni Eropa. Sedangkan Norwegia dan Islandia adalah anggota Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (EFTA). (fau/dbs) 


Back to Top