Meriahkan Ramadhan, Masjid Hubbul Wathan NTB Gelar Pameran Buku dan Benda Bersejarah Islam

gomuslim.co.id- Sebagai salah satu daya tarik Khazanah Ramadhan, Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center NTB menggelar pameran dan bazar buku Islami. Pameran dan bazar ini yang diadakan di Ballroom ini menjadi wisata ilmu karena ajang semacam itu terbilang jarang di NTB.

Salah satu warga Kota Lombok Utara, Istiqamah mengaku jarang menemukan pameran buku Islami di NTB. “Dengan adanya pameran buku jadi ajang mencari buku-buku Islam meski saya sendiri tidak spesifik mencari buku Islami tertentu. Kegiatan ini seperti ini menarik. Insya Allah nanti ke sini lagi,” ujarnya.

Tak hanya pameran buku, hadir pula pameran benda bersejarah Islam. Ia juga mengapresiasi pameran yang terdapat kitab-kitab kuno bertulis aksara Arab. Istiqamah dan kedua temannya mengaku tahu pameran buku dan benda bersejarah Islam dari publikasi dari berbagai tempat dan dari temannya.

Kemudian di kesempatan yang sama pengunjung pameran buku lainnya, Yuniarti mengaku tertarik datang ke pameran buku setelah membaca publikasi acara tersebut di berbagai tempat. Ia belum mengincar buku tertentu di pameran buku Islami di Pesona Khazanah Ramadhan ini.

Dirinya Sambil memanfaatkan waktu luang mengaku senang bisa mendapat pengetahuan seputar sejarah Islam di Lombok dari pameran benda bersejarah. ''Selama ini mungkin sejarah Islam di Lombok banyak yang belum tahu. Kalau ada pameran ini, jadi tahu biarpun singkat,'' kata Yuniarti.

Sementara itu, dalam pameran ini ada ratusan buku-buku Islam yang disuguhkan di Masjid Hubbul Wathan dari berbagai penerbit. Antara lain penerbit Republika, Penerbit Luxima, GIP, dan Zikrul. Sementara Pameran Peradaban Islam menawarkan benda-benda yang berkaitan dengan sejarah Islam di Lombok mulai dari peti perbekalan haji, kain dan sarung, manuskrip kitab kuno, pedang, dan bebarapa benda lain.

Kehadiran Masjid Hubbul Wathan menjadi penanda akan julukan Lombok yang dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid. Luasnya kompleks Islamic Center NTB juga menjadi bukti keseriusan Pemerintah Provinsi NTB dalam mengembangkan wisata halal dan menguatkan nilai-nilai spiritual. (nat/dbs)


Back to Top