Al Azhar Peduli Umat Targetkan Himpun Zakat Rp 50 Miliar pada Ramadhan Tahun Ini

gomuslim.co.id- Kedatangan Bulan Suci Ramadhan menjadi momentum yang tepat untuk memperbanyak ibadah, tak terkecuali beramal jariyah. Salah satu lembaga amal nasional, Al Azhar Peduli Umat juga turut serta dalam menghimpun dana zakat, infaq, dan shadaqoh masyarakat di bulan Ramadhan tahun ini.

Direktur Eksekutif LAZ AL Azhar Peduli Umat (APU), Sigit Iko Sugondo mengungkapkan  target penghimpunan zakat tahun ini mencapai 50 miliar. Tahun lalu, APU menargetkan 40 miliar dan mampu meraih 36 miliar.

Untuk itu, ia menjelaskan bahwa layanan dan peningkatan  jumlah penerima atau mustahik merupakan salah satu indikator tugas suatu lembaga zakat. Artinya, masih ada tugas lain yang tak kalah penting yaitu melayani donatur atau muzaki.

Kata Sigit,  tugas itu seperti agar muzaki memiliki kesadaran zakat, menyalurkan ke lembaga yang tepat dan memiliki perhitungan yang benar. Termasuk, edukasi tentang berapa besaran zakat dari harta yang disimpan dan deposito.

"Sebab, kalau Al Azhar ini banyak zakat perniagaan, tahun lalu kita melayani 18 ribu donatur (muzaki) dan tahun ini harus meningkat sampai 26 ribu," ujar Sigit.

Adapun, target penghimpunan zakat akan dicapai lewat sejumlah strategi seperti meningkatkan edukasi dan layanan yang berkarakter dan berbasis teknologi. Edukasi tidak akan cuma berisi kewajiban, tapi manfaat dari zakat itu sendiri.

Selain itu, Al Azhar Peduli Umat bertekad makin mendekatkan layanan, salah satunya menggunakan petugas layanan gerak. Ia merasa, layanan mandiri tentu akan digunakan mereka yang sudah paham, sehingga layanan jemput bola sangat penting.

"Jadi, mereka yang belum paham dan perlu konsultasi atau aduit kita akan bergerak menjemput dan memberikan edukasi," kata Sigit.

Untuk diketahui, Lembaga Amil Zakat Al Azhar Pedui Ummat (selanjutnya disebut Lembaga Zakat Al Azhar) adalah satuan kerja yang dibentuk oleh Yayasan Pesantren Islam Al Azhar yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dhuafa melalui optimalisasi dana Zakat, Infaq, Sedekah dan dana sosial lain yang dibenarkan oleh syariat agama & sumber daya yang ada di masyarakat dan bukan berorientasi pada pengumpulan profit bagi pengurus organisasi.

Lembaga Amil Zakat Al Azhar Peduli Ummat dibentuk oleh Badan Pengurus YPI Al Azhar pada 1 Desember 2004 melalui SK Nomor 079/XII/KEP/BP-YPIA/1425.2004 yang ditandatangani oleh Ketua Badan Pengurus YPI Al Azhar H. Rusydi Hamka dan sekretaris H. Nasroul Hamzah dan telah mendapat pengukuhan sebagai Lembaga Zakat Skala Nasional oleh Kementrian Agama Republik Indonesia melalui SK Menteri Agama RI Nomor 240 tahun 2016 Tanggal 23 Mei 2016. (fau/alazhar) 


Back to Top