Google Versi Halal, Ini Daftar Mesin Pencari Islami di Dunia Maya

gomuslim.co.id- Pesatnya perkembangan teknologi informasi semakin mempermudah manusia untuk menemukan semua yang dicari. Salah satu mesin pencari dalam dunia maya yang sering digunakan adalah Google. Namun, beberapa tahun terakhir ini, ada sebuah mesin pencari Islami yang bisa memblokir konten-konten di internet yang tidak sesuai aturan agama. Namanya halalgoogling.

Melalui laman www.halalgoogling.com, pengguna akan terjaga dari konten haram seperti pornografi, judi, miras, perjudian dan lain sebagainya. Karena saat mengguna mengetik salah salah satu kata tadi, maka secara otomatis mesin akan memblokir laman yang tidak sesuai dengan nilai Islam.

Halalgoogling merupakan salah satu mesin pencari islami yang ada di dunia maya. Pengguna yang mengetikkan kata kunci yang dilarang tersebut tidak akan memperoleh hasil pencarian atas kata kunci tersebut. Pengguna hanya akan diberi tahu bahwa kata kunci yang diketikkan, kemungkinan termasuk dalam unsur haram oleh mesin pencari tersebut.

Secara teknis, apa yang dilakukan Halalgoogling terbilang sederhana. Mereka menambahkan “filter haram” atas hasil pencarian mesin pencari tersebut. Kata atau frasa yang telah dimasukkan dalam filter haram tidak akan bisa diproses oleh mesin pencari tersebut.

Sayang, saat dicoba, mesin pencari tersebut seringkali memunculkan pesan “error” atas pencarian yang dilakukan meskipun tidak memasukkan kata atau frasa yang dianggap haram.

Selain Halalgoogling, ada pula IslamSearch yang menggabungkan dunia Islam dengan mesin pencari. Berbeda dengan Halalgoogling, mesin pencari ini tidak memblokir "kata-kata haram" dari mesin pencarinya. IslamSearch hanya mengindeks beberapa situs web islami sebagai basis data pencarian yang dilakukan.

Jika pengguna mengetikkan kata kunci “alcohol” misalnya, mesin pencari tersebut tetap akan memprosesnya, tapi hanya menampilkan hasil pencarian dari situs-situs web yang telah mereka "restui". Saat dicoba, hasil pencarian untuk kata kunci "alcohol” di IslamSearch menampilkan sebuah artikel berjudul “Why does Islam Prohibit the Consumtion of Alcohol?” sebagai hasil pencarian teratas mesin pencari tersebut.

Tentu hasilnya jauh berbeda bila dibandingkan dengan mesin pencari Google. Saat dicoba dengan kata kunci yang sama, Google menampilkan artikel tentang alkohol di situsweb Wikipedia sebagai hasil teratas mereka.

Selain IslamSearch, ada pula Search for Islam atau Sheikh Google. Mirip dengan IslamSearch, mesin ini hanya mengindeks situsweb-situsweb islami yang mereka “restui” sebagai basis data pencarian yang dilakukan oleh mesin tersebut. Kala kata kunci “alcohol” diketikkan pada kolom pencarian mesin pencari tersebut, Search for Islam menampilkan sebuah artikel berjudul “Just Ask Islam - ‘Cooked Alcohol?’ HARAM?”

Tentu, hasil pencarian lainnya dari mesin pencari tersebut, juga lebih menitikberatkan artikel-artikel bertema Islam atas kata kunci yang diketikkan tersebut.

Ketiga, ada nama Yufid sebagai mesin pencari yang menggabungkan dunia Islam dengan algoritma mesin pencari. Yufid lebih mirip dengan IslamSearch dan Search for Islam dibandingkan dengan Halalgoogle. Mereka tidak melakukan pemblokiran pada kata atau frasa yang dinilai haram dan hanya mengindeks situsweb islami semata sebagai basis data pencarian. Saat kata kunci “alcohol” diketikkan di kolom pencarian mesin pencari tersebut, sebuah artikel dengan judul “Alcohol Archives - Nasihat Sahabat” menjadi yang tampil teratas di halaman hasil pencarian mereka.

Yang menarik, dibandingkan nama-nama mesin pencari di atas, Yufid bisa dikatakan sebagai satu-satunya mesin pencari islami yang mendukung bahasa Indonesia dengan cukup baik. (njs/dbs)

 


Back to Top