Lewat Buku 'Amina’s Voice', Penulis Asal AS Ini Kisahkan Karakter Remaja Muslimah Pembawa Pesan Damai

gomuslim.co.id- Seorang penulis wanita Hena Khan menyuarakan pergulatan yang dialami seorang remaja Muslimah dan imigran di Amerika dalam karyanya “Amina’s Voice”.

Dalam buku ini ia mengangkat isu mulai dari konflik persahabatan, perbedaan kultur, konflik keluarga, sampai Islamophobia yang kini tengah merebak di sejumlah negara.

Kendati hanya novel fiksi, tapi sebagian kisahnya terinspirasi pengalaman pribadi Hena Khan sebagai Muslim keturunan Pakistan di Amerika.

"Dalam beberapa memang sama, dulu saya juga pemalu. Dan saya tidak punya bakat menyanyi seperti Amina. Keluarga kami juga sangat berbeda. Ini kisah fiksi tapi sebagian saya petik dari pengalaman pribadi," tutur Hena.

Bila ditinjau dari sudut pembaca, karakter Amina merupakan sosok idola yang telah lama didambakan.

"Kita perlu buku-buku dan karakter yang bisa jadi panutan bagi anak-anak. Waktu saya kecil saya tidak punya pilihan itu,” ujar salah satu pembaca, Asma Dilawari.

Dalam acara peluncuran buku akhir Maret lalu, di toko buku 'Politics and Prose' di Washington DC, Dilawari membeli beberapa kopi yang akan dibagi-bagikan kepada anggota keluarganya, termasuk untuk puterinya Zara Pellegrom yang berusia 9 tahun.

"Kami perlu sosok idola yang bisa dijadikan panutan supaya bisa jadi orang baik," tutur Zara.

Kendati demikian, Hena berharap novel fiksi ini tak hanya menawarkan sosok panutan baru, tapi juga menghapuskan prasangka dan membuka wawasan.

"Saya harap mereka yang tidak kenal orang Muslim, bisa mengenalnya lewat cerita ini, dan menyadari pengalaman Amina dan keluarganya tak jauh berbeda dengan mereka sendiri, atau tidak seperti apa yang mereka dengar tentang Muslim. Semoga dengan mengenal karakter Amina, mereka bisa mengembangkan simpati, empati, dan lebih toleran," tutur dia.

Amina’s Voice adalah novel pertama produksi Salaam Reads, imprint dari penerbit besar Simon and Schuster yang baru dibentuk tahun 2016 untuk memusatkan perhatian pada buku Muslim anak-anak.

Sebelumnya Hena Khan juga telah merilis beberapa buku bernuansa Muslim lainnya, termasuk It’s Ramadan, Curious George yang jadi best seller tahun lalu.

“It’s Ramadan, Curious George” menceritakan tentang karakter kartun terkenal George yang menemani kawan Muslimnya berpuasa dan menjalani kegiatan Ramadan.

Dengan adanya karya-karyanya yang mendukung spirit nilai-nilai Muslim. Nama Hena Khan besar melalui kesuksesan buku ini. Ia tercatat sebagai salah seorang penulis buku Muslim anak-anak terkemuka di Amerika. (nat/voa/dbs)

 


Back to Top