Gandeng Matahari Mall, Baznas Buka Layanan Zakat Online

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerjasama dengan MatahariMall.com menyediakan layanan zakat digital untuk mempermudah para muzaki. Dalam portal ini disediakan layanan kalkulator zakat, layanan bagi muzaki untuk dapat menghitung sendiri zakat yang harus dikeluarkan, serta layanan pembayaran zakat.

CEO Mataharimall.com Hadi Wenas mengatakan untuk melakukan pembayaran zakat secara online, calon pembayar zakat dapat mengakses www.digital.mataharimall.com/zakat. Lewat portal ini, calon muzaki akan diarahkan menuju laman berisi informasi dan tata cara pembayaran zakat.

“Mudahnya membayar zakat melalui  MatahariMall.com, semudah berselancar dalam berbelanja online,” ujar Wenas saat konferensi pers di Kantor Baznas,  Gedung Arthaloka, Jakartat, Rabu (31/05).

Lebih lanjut, Wenas menjelaskan lewat kalkurator zakat online ini, para muzaki dapat memilih pembayaran zakat yang diinginkan seperti zakat profesi dan zakat harta (maal). Setelah memilih zakat yang dibayarkan, masukkan data penghasilan harta, utang/ piutang yang dimiliki sebagai dasar perhitungan zakat.

Kalkulator zakat ini akan menghitung total pembayaran zakat yang harus dibayarkan, sehingga muzaki dapat melihat informasi perhitungan zakat lebih transparan. Langkah selanjutnya ialah dengan memasukkan data diri dan klik tombol bayar. Pembayaran zakat dapat dilakukan melalui bank transfer dan virtual account.

“Setelah selesai membayar zakat, masyarakat akan mendapatkan email notifikasi pembayaran secara resmi dari pihak Baznas yang berisi bukti setor zakat,” ujar Wenas.

Selain itu, kata Wenas, jika masyarakat ingin melihat dana penyaluran zakat yang telah dibayarkan, dapat langsung mengunjungi website Baznas yang terdapat muzakki corner yang berisi informasi penyaluran dana zakat yang jelas. Sedangkan  kalkulator zakat dpaat diakses pada laman kalkukator zakat.

Wenas berharap inovaai ini dapat membantu meningkatkan jumlah penghimpun zakat di Indonesia. Data Pusat Kajian Stategis BAZNAS yang menyatakan bahwa pada tahun 2016, jumlah penghimpunan zakat Indonesia melalui organisasi pengelola zakat disinyalir masih rendah, yakni sejumlah Rp 5 triliun atau hanya satu persen dari potensi zakat di Indonesia.

“Kami berharap dengan diluncurkan portal dan kalkulator zakat digital ini dapatk memudahkan para muzaki membayar zakat secara online, sehingga perhimpunan zakat meningkat,” ungkap  Wenas.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Koordinasi Pengumpulan, Komunikasi dan Informasi Zakat Nasional, Arifin Purwakananta berharap kerjasama ini memulai tradisi baru bagi kemudahan berzakat dan bersedekah.

Arifin menyakini generasi muda juga akan menjadi penentu bagi banyak hal termasuk berzakat dan bersedekah.

Karena, katanya, kerjasama Baznas dan MatahariMall.com dalam menyediakan layanan zakat digital ini adalah sebuah gagasan untuk masa depan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. (fau/baznas)

 


Back to Top