Kajian Keislaman Dompet Dhuafa Volunteer: 'Ketika Surga Ada di Tengah-Tengah Keluargamu’

gomuslim.co.id- Dompet Dhuafa Volunteer menggelar kajian bertajuk ‘Ketika Syurga Ada ditengah-tengah Keluargamu’ di Masjid Al-Ikhlas Kreo Ciledug, Kreo Ciledug, Tangerang, Kamis (01/06/2017). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan SATU ASA (Satu Juta Alat Tulis untuk Anak Indonesia) sekaligus menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan 1438 H.

Hadir sebagai narasumber utama yaitu Ustadz Andri Yanto, Lc. Dalam pemaparannya, Ustadz Andri menjelaskan mencintai keluarga adalah sebuah kewajiban dan keutamaan. Namun, alangkah lebih baik jika cinta kepada Rasulullah lebih besar dari cinta kepada keluarga sendiri.

“Kecintaan kita kepada keluarga, terutama kedua orangtua itu mesti. Sebagaimana dalam Alquran dijelaskan tentang Birrul Walidain. Hal ini akan lebih kuat jika kita dan keluarga bersama-sama mencintai Rasulullah SAW dengan meneladani dan mengikuti ajaran-ajarannya,” paparnya.

Menurut Ustadz Andri, kunci dari cinta adalah dengan mengikuti. Mencintai itu tidak butuh lafadz atau ungkapan semata. Tetapi yang terpenting adalah bukti melalui amalan yang mengikuti sunnahnya. “Salah satu cara menumbuhkan cinta kepada Rasulullah dengan mendalami Sirah Nabawiah. Lebih dalam kita mengenal beliau terlebih dahulu,” ujarnya.

Selain itu, kecintaan terhadap Rasul ini dapat diperkuat dengan terus menimba ilmu yang diiringi dengan kesabaran. “Lihatlah bagaimana para sahabat begitu mencintai Rasulullah SAW. Pengorbanan besar dan perjuangan hebat mereka. Meskipun bagi kita mustahil seperti para sahabat, minimal kita meneladani akhlaknya yang mulia,” ungkapnya.

“Beruntunglah kita yang berislam namun tidak bertemu dengan Rasulullah SAW. Karena dalam sebuah hadits, Rasul pernah mengatakan ‘Aku merindukan orang tidak bertemu denganku, tapi mereka mencintaiku’,” tambahnya.

Sekadar informasi, Dompet Dhuafa Volunteer merupakan wadah bagi orang-orang yang tergerak dalam misi kemanusiaan dan membantu kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat secara sukarela. Tujuan dari Dompet Dhuafa Volunteer adalah menciptakan komunitas relawan berbasis dukungan masyarakat untuk gerakan kemanusiaan dan kampanye zakat melaui program-program yang dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa.

Persyaratan untuk menjadi bagian dari Dompet Dhuafa Volunteer hanya cukup dengan memiliki kesediaan mendukung dan bergerak dengan tulus pada setiap misi kemanusiaan yang dilakukan bersama Dompet Dhuafa.

Melalui program ini, Dompet Dhuafa (DD) berusaha menjaring para relawan untuk bersama melakukan gerakan kemanusiaan, mulai dari hal-hal yang sederhana. Dalam hal ini, relawan berarti orang yang mau melakukan suatu kebaikan dengan sukarela, bukan karena diwajibkan ataupun dipaksakan.    

Pada bulan Ramadhan kali ini, Dompet Dhuafa Volunteer membuat sebuah program SATU ASA (Satu Juta Alat Tulis untuk Anak Indonesia). Lewat program ini, semua bentuk bantuan dari para muhsinin nantinya akan menyediakan buku dan alat tulis yang ditujukan untuk para korban dampak bencana yang ada di Kalimantan Utara. (njs)


Back to Top