KBRI Roma Gelar Kajian Keislaman Selama Ramadhan

gomuslim.co.id- Guna mengefektifkan pengetahuan agama, KBRI Roma dan Nadwah Ukhuwah Roma (NUR) sepakat membuat tema-tema Ramadhan yang dibutuhkan masyarakat Muslim Indonesia di Roma.

Faisal, seorang anak keturunan Indonesia yang sejak kecil menetap di Roma, mengatakan jenjang pendidikan di Roma agak berbeda dengan di Indonesia.  Pendidikan di Italia menerapkan pola 5-3-5, artinya untuk jenjang pendidikan dasar ditempuh dengan lima tahun. Jenjang SMP tiga tahun. Selanjutnya, jenjang SMA lima tahun.

Kemudiam, untuk lebih mengefektifkan pengetahuan agama, KBRI Roma dan NUR (Nadwah Ukhuwah Roma) sepakat membuat tema-tema Ramadhan yang dibutuhkan masyarakat Muslim Indonesia di Roma.

“Hal ini guna mengefisiensikan pengajaran dan dakwah saya sebagai dai ambassador Cordofa 2017 di Italia. Karena nanti saya bukan hanya bertugas di Roma saja, tetapi nanti akan dijadwalkan di Milan dan juga Vatikan,” ujar Faisal.

Adapun jadwal pengajian yang telah disusun oleh NUR dan KBRI Roma adalah kultum di setiap hari bada dzuhur.  Tema yang harus disampaikan adalah pentingnya shalat, keutamaan sedekah, manfaat membaca Alquran, akidah, dan tauhid dalam Islam.

Kemudian, tema zakat, perbedaan zakat dan infak, keutamaan istighfar, menghormati orangtua, persaudaraa dalam Islam, amar makruf nahi munkar, penyakit hati, dan cara menghindarinya, keutamaan menuntut ilmu, kebersihan sebagian dari iman, keutamaan shalat dhuha, manfaat shalat dari segi kesehatan dan sosial, keutamaan shalat tahajjud.

Selebihnya, ia juga akan membahas hukum-hukum fikih dasar tentang thaharoh dan hukum-hukum shalat seperti rukun dan sunat sholat. Sementara itu, setiap Rabu dan Jumat pengajian ibu-ibu, yang saya tekankan pada cara membaca Alquran yang baik dan benar. Saya praktekkan makharijul huruf dan pemahaman ilmu tajwid, juga sentuhan anatomi Alquran yang sangat disukai oleh jamaah ibu-ibu istri para diplomat.

Pegajian ini dimulai pada hari Rabu, pukul 14. 30 sampai 17.00, sedangkan pada hari Jumat dimulai pada pukul 18.00 sampai 20.00 atau menjelang berbuka puasa. Setiap Jumat sore dimulai pukul 15.00 sampai 17.30 jadwal pengajian anak-anak dan remaja.

Setiap Jumat dan Sabtu juga diagendakan acara berbuka puasa bersama di KBRI Roma, Milan, dan Vatikan secara bergantian. Jumat agenda untuk seluruh keluarga Home staff dan Lokal Staff KBRI Roma. Sedangkan hari Sabtu diadakan untuk umum, untuk seluruh Masyarakat Indonesia dan sekitarnya di Italia.

Serangkaian kegiatan ini dikemas untuk mempererat tali silaturrahmi dan menambah pengetahuan agama Islam di Italia yang memang minim sekali guru agama. “Sekalipun ada, itu pun jauh dan mungkin terkendala masalah bahasa,” kata Faisal.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut umat Muslim di Italia semakin semangat menambah ilmu agamanya. Dan masyarakat Indonesia di Italia umumnya dapat mempererat tali persaudaraan dan kepedulian. (nat/dbs)


Back to Top