UKM Sulawesi Utara Wajib Miliki Sertifikasi Halal

gomuslim.co.id- Perkembangan industri halal di Indonesia membuat Industri Kecil Menengah (IKM) di berbagai nusantara wajib memiliki sertifikasi halal. Hal ini guna memenuhi persyaratan untuk mampu menembus pasar lokal maupun internasional. Demikian pula bagi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Alwy Pontoh mengatakan sertifikat halal harus dimiliki oleh IKM agar produknya bisa dipasarkan ke berbagai daerah untuk bersaing dengan produk lainnya.

Karena itu, Kementerian Perindustrian memberikan fasilitas bagi IKM produk pangan di Sulut untuk mendapatkan sertifikat atau label halal. Namun, hal tersebut akan dilakukan bertahap sehingga ke depannya diharapkan seluruh produk pangan IKM memiliki sertifikat halal.

Kemudian, IKM yang sudah memiliki sertifikat halal akan mudah memasarkan produknya karena konsumen tidak ragu dengan kualitas dan higienisnya. "Untuk memperoleh sertifikat halal harus memenuhi berbagai persyaratan yang sesuai ketentuan," ungkapnya.

Sertifikat halal dikeluarkan resmi oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetik (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerja sama dengan Kementerian Agama, Badan Pemeriksa Obat dan Makanan, Kementerian KUKM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindustrian Kota Kabupaten untuk memberikan fasilitasi sertifikasi halal gratis kepada UKM.

Sedangkan sertifikat Halal sendiri adalah suatu fatwa tertulis dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syari’at Islam. Sertifikat Halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang.

Pengadaan Sertifikasi Halal pada produk pangan, obat-obat, kosmetika dan produk lainnya sebenarnya bertujuan untuk memberikan kepastian status kehalalan suatu produk, sehingga dapat menentramkan batin konsumen muslim. Namun ketidaktahuan seringkali membuat minimnya perusahaan memiliki kesadaran untuk mendaftarkan diri guna memperoleh sertifikat halal. (nat/dbs)

 


Back to Top