Muslimah Asal Nigeria Ini Jadi Mahasiswa Berprestasi Terbaik di Ukraina Medical School

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, seorang  mahasiswi muslimah dari negara Osun Nigeria dinobatkan jadi mahasiswa kedokteran terbaik dari V.N. Karazin Kharkiv National University, Ukraina. Muslimah ini pun menjadi panutan bagi banyak mahasiswa lain untuk diikuti.

"Memang, ini adalah kabar baik bagi pemerintah dan rakyat Osita. Saya ingat dengan jelas kadang-kadang di tahun 2012 ketika keadaan negara kami tak terkendali dan  saat kami mendapat tantangan serius untuk mendapatkan visa pelajar agar bisa masuk ke Ukraina. Semua harapan untuk menyelamatkan para siswa ini hampir lenyap tapi kami tetap teguh melawan segala rintangan, itu berakhir sebagai usaha yang sukses, kata salah seorang pembantu Gubernur Osun kepada publikasi The Renaissance.

Mahasiswi tersebut adalah Lateefat Abiola Oyeleye. Dia adalah satu di antara 85 mahasiswa kedokteran UNIOSUN yang disponsori oleh administrasi Rauf Aregbesola pada tahun 2012 untuk menyelesaikan studi mereka di universitas asing, salah satu yang tertua di Eropa Timur.

Dalam pemeriksaan tersebut, Abiola memimpin kandidat  lain dengan 95,9 persen, yaitu mencapai 546 mahasiswa kedokteran tahun V. N. Karazin Kharkiv National University di Ukraina.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner Informasi dan Strategi, Adelani Baderinwa mengatakan bahwa 50 dari 85 siswa tersebut, termasuk Abiola, telah menjadi dokter umum setelah lulus dari ujian-ujian yang ada.

Baderinwa juga mengatakan bahwa 50 siswa UNIOSUN yang menulis ujian terakhir di antara 546 mahasiswa kedokteran universitas tersebut, lulus, sesuai hasil yang dikeluarkan pada hari Minggu sebelumnya.

Komisaris tersebut mengatakan bahwa para siswa akan mengadakan pertemuan pada tanggal 30 Juni 2017 mendatang untuk perayaan akhir semester dan pemberian penghargaan bagi para mahasiswa berprestasi.

Untuk diketahui, Universitas Kharkiv saat ini berada di antara universitas klasik Eropa Timur yang  terbaik. Sejak didirikan, Universitas ini telah meluluskan lebih dari 130.000 siswa. Kampus ini tetap menjadi satu-satunya universitas di Ukraina yang telah menghasilkan tiga penerima Hadiah Nobel. (fau/aboutislam/dbs)


Back to Top