Jelang Musim Haji, Pemerintah Nigeria Siapkan Tim Medis Khusus Jemaah

gomuslim.co.id- Jelang Musim Haji 2017 Pemerintah Nigeria telah menyetujui pengerahan pengawas sebagai bagian dari misi medis ke ziarah Haji. Menteri Kesehatan, Profesor Isaac Adewole melakukan pertemuan dengan pejabat Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) terkait pengerahan pengawas dan tim medis dari Nigeria untuk jamaah haji tahun 2017.

Adewole menjelaskan bahwa penempatan tersebut bertujuan untuk mendeteksi dan mengendalikan penyakit di antara peserta haji yang melakukan kegiatan keagamaan tahunan. "Kami sedang mencari tim pengawas untuk memantau penyakit yang menjadi perhatian masyarakat, terutama meningitis, kolera dan campak," ujarnya seperti dilansir oleh publikasi Daily Post.

Pihaknya juga mencatat bahwa agen yang dilatih oleh Epidemiologi Lapangan dan Program Pelatihan Laboratorium Nigeria (NFELTP) merupakan tim pengawas, yang akan disatukan dengan tim medis.

Lebih lanjut, Adewole menambahkan bahwa petugas kesehatan pelabuhan akan dilatih untuk mengelola tuntutan jamaah dengan lebih baik. Kemudian petugas juga dapat memastikan tindakan yang etis ketika menghadapi kejadian di lapangan bersama tim medis.

“Kemudian, pemerintah akan menyiapkan saluran komunikasi khusus termasuk telepon bantuan dan dukungan Social Media untuk memberikan bantuan real-time mengenai masalah medis selama kegiatan ibadah haji berlangsung,” pungkasnya.

Selain itu, Sekretaris Eksekutif NAHCON, Abba Yakubu mengatakan bahwa badan tersebut (NFELTP) saat ini sedang mereformasi misi medis, menambahkan bahwa yang dilindungi hanya produsen dari warga negara Nigeria yang diberi obat-obatan lokal. (nat/dailypost/dbs)

 


Back to Top