Kampanye Keberagaman, Restoran Hotel Harris Malang Pamerkan Miniatur Masjid Cheng Ho Berbahan Cengkeh

gomuslim.co.id- Sebuah miniatur Masjid Cheng Ho berdiri gagah di Restoran Hotel Harris yang berada di Jalan A. Yani Utara Riverside, Malang, Jawa Timur. Hasil karya seni ini bukan hanya miniatur masjid biasa.

Namun ada hal unik dari bahannya, bahkan dari beberapa meter saja pengunjung sudah bisa menebak aroma khas yang timbul dari miniatur tersebut.   Aroma tersebut adalah rempah-rempah berasal dari dua kilogram cengkeh yang menempel di salah satu bagian masjid yang terbuat dari styrofoam tersebut.

Juru Masak Hotel Harris, Aria Mahendra mengatakan tak hanya cengkeh, masjid ini juga menampakkan bahan-bahan rempah khas Indonesia lainnya. 

“Ada kapulaga, jinten, kacang hijau, jagung dan kulit telor,” ujar Aria.

Sebelumnya, untuk menciptakan miniatur itu, para seniman dan juru masak harus mempersiapkan 30 kilogram telur yang hanya diambil kulitnya. Kemudian jinten untuk menutupi beberapa bagian masjid sebanyak lima kilogram sedangkan kapulaga sebesat tiga kilogram. Untuk jagung, Aria mengatakan, pihaknya hanya memerlukan satu kilogram dan seperempat kilogram pada kacang hijau.

Dikatakan Aria, pihaknya memang tidak terlalu mengeluarkan biaya cukup besar untuk menciptakan karya seni itu. Hal ini karena bahan-bahan tersebut sudah tersedia di dapur hotelnya. Namun secara keseluruhan, dia memperkirakan, masjid itu bisa menghabiskan dana 1 jutaan. 

Sementara itu, walaupun telah memiliki bahan-bahan tersebut, Aria menegaskan pihaknya tetap harus mempersiapkan proses pembuatannya selama beberapa pekan. Terlebih lagi dengan ide yang hendak disampaikan dalam karya seninya itu. Untuk penentuan perpaduan bahan-bahan di masjid itu murni sekedar ingin menghasilkan perpaduan warna yang menarik dari rempah-rempah. 

“Dan tujuan kita menghasilkan karya ini untuk menampilkan adanya akulturasi budaya Islam dan Cina pada masjid Cheng Ho itu. Ini menjadi ikon keberagaman di Indonesia,” ujarnya. 

Kemudian, Pembuat Miniatur Masjid Kiki Heryantoko mengatakan pilihan Masjid Cheng Ho sendiri untuk menunjukkan adanya semangat keberagaman di Indonesia. Seperti diketahui Laksamana Cheng Ho merupakan sosok Muslim asal Cina yang namanya telah diabadikan di sejumlah masjid di Indonesia yang hingga kini namnya masih lekat dan harum di Nusantara. (nat/dbs)


Back to Top