Ketua MUI: Semua Produk Keuangan Syariah yang Dapat Fatwa, Sudah Halal

gomuslim.co.id- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin menegaskan semua produk keuangan syariah yang telah mendapatkan fatwa dari MUI sudah halal. Hal ini termasuk juga pada produk asuransi syariah yang kini mulai menjamur di Tanah Air. 

Hal demikian disampaikan KH Ma'ruf Amin saat mengisi Seminar Akbar Allianz Syariah, Allianz Bersyariah, Allianz Berkah di Kuningan City, Jakarta, Kamis (08/06/2017). "Allianz syariah ini sudah dapat fatwa dari MUI, berarti halal", ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua DSN MUI itu mengatakan saat ini ekonomi Indonesia sudah mulai berjalan dengan sistem syariah. "Hampir semua produk keuangan sekarang sudah ada pilihan syariahnya, baik itu bank, asuransi, atau pasar modal. jadi masyarakat tidak perlu khawatir,'' ungkapnya.

Terkait asuransi syariah, KH Ma'ruf Amin menjelaskan perkembangannya tidak hanya sebatas perlindungan dan aspek tolong menolong. Lebih dari itu, asuransi syariah telah merambah ke ranah bisnis. 

Sejalan dengan perkembangan ekonomi syariah, pemerintah telah mewacanakan dibentuknya Kawasan Ekonomi Khusus Syariah (KEKS) di Jakarta. ''Era baru ini menjadi kesempatan bagi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat keuangan syariah di masa depan,'' tambahnya. 

Di sisi lain, kata dia, negara-negara non Muslim sudah berlomba-lomba pengembangan industri produk halal. ''Lihat saja Korea, Jepang, Taiwan. Mereka bergeliat memanfaatkan potensi halal yang sangat besar,'' imbuhnya. 

Terlepas dari semua itu, KH Ma'ruf Amin berpesan kepada seluruh peserta seminar untuk terus berusaha dan bekerja dengan sungguh-sungguh. Keseriusan menunjukan kepada kebaikan. "Dan kebaikan itu dekat dengan Rahmat Allah SWT. Dekat dengan keberkahan,'' tandasnya. 

Pada kesempatan yang sama, hadir pula Ir. H Adiwarman Azwar Karim, Pakar Syariah dan Wakil Ketua DSN. Dalam pemaparannya ia menjelaskan pentingnya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat keuangan syariah. (njs)


Back to Top