‘Morality in Harmony’ Jadi Tema Spesial di Ajang Ramadhan Jazz Festival 2017

gomuslim.co.id-  Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerja sama dengan WartaJazz akan kembali menyelenggarakan Ramadhan Jazz Festival yang pada tahun ini telah memasuki penyelenggaraan tahun ke-7. Acara ini akan digelar pada 9 sampai 10 Juni 2017 di halaman Masjid Cut Meutia, Menteng, dengan rangkaian acara dimulai setelah salat Ashar.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dakwah syiar masa kini sekaligus meningkatkan tali silaturahmi dan menambah pengetahuan keislaman. Beberapa rangkaian acara dari The 7th Ramadhan Jazz Festival 2017 yakni program pre event bertajuk Youth Creative Exhibition yang bertempat di Taman Menteng pada tanggal 3 Juni 2017.

Pada acara tersebut diselenggarakan audisi band, audisi Tari Saman, dan pameran seni yang kelak akan ditampilkan pada puncak acara Ramadhan Jazz Festival 2017. Selain itu, juga terdapat kegiatan sosial bersama komunitas 1000 Guru yang fokus pada masalah pendidikan. RICMA memanfaatkan momen Ramadan ini sebagai bentuk untuk mendapatkan pahala dan keberkahan sebanyak-banyaknya dengan cara mewujudkan kegiatan sosial.

Ramadhan Jazz Festival ini akan mengumpulkan dana yang didapatkan dari para pengunjung dan akan didonasikan dalam bentuk paket sumbangan pendidikan berupa alat tulis, seragam, dan alat-alat sekolah.

“Ramadhan Jazz Festival merupakan aktivitas sosial yang dikemas dengan festival musik dan disisipkan unsur dakwah di dalamnya. Saya senang dan bangga menjadi bagian dari acara ini,” ujar M. Derisman Nugraha, Project Officer The 7th Ramadhan Jazz Festival 2017.

Sebelumnya, pada tahun lalu, acara ini berhasil mengumpulkan 68 kantong darah yang disalurkan kepada PMI serta dana infak mencapai Rp32 juta yang berasal dari tiket masuk (donasi) pengunjung. Pada acara tahun ini, panitia kembali mengadakan paket donasi sebagai tiket masuk pengunjung yang akan dialokasikan untuk sumbangan alat tulis, seragam sekolah, serta perlengkapan sekolah lainnya.

Adapun, beberapa musisi yang dipastikan tampil dalam Ramadhan Jazz Festival 2017 antara lain Fariz RM, Andre Hehanussa, dan Glenn Fredly.

“RJF merupakan sebuah ikhtiar dari WartaJazz untuk anak-anak muda Indonesia. Sebuah program Jazz yang memperkaya khasanah musik (jazz) dunia. Hendaknya kita melihat ini sebagai sebuah proses, bukan hasil akhir,” ujar Agus Setiawan Basuni, Artistic Director dan penggagas Ramadhan Jazz Festival.

Pada perhelatan tahun lalu, Ramadhan Jazz Festival dimeriahkan oleh para musikus jazz kenamaan dalam negeri. Beberapa nama seperti Ecoutez dan Barry Likumahuwa dipastikan memeriahkan gelaran ke-6 RJF  ini. Musikus legendaris Indonesia, Idang Rasjidi rencananya juga akan tampil bersama gitaris Oele Pattiselanno.

Setiap band yang tampil dijadwalkan akan membawakan sebuah lagu bertema religi yang dibalut musik bernuansa Jazz sehingga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mereka yang menonton atau hadir dalam kegiatan Ramadhan Jazz Festival. Nama-nama artis pendukung lainnya akan diumumkan bertahap melalui akun-akun media sosial Ramadhan Jazz Festival, yaitu via twitter @ramadhanjazz dan @RICMAupdate. (fau/wartajazz/dbs)

Baca juga:

Padukan Musik dan Religi, RICMA Gelar Ramadhan Jazz Festival


Back to Top