Rumah Zakat Hadirkan Kampung Sehat Ramadhan di Kota Bandung

gomuslim.co.id- Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan di bulan Ramadhan, Rumah Zakat bersama Cita Sehat (mitra Rumah Zakat dibidang kesehatan) membentuk Kampung Sehat Ramadhan.

Lokasi yang dipilih dalam program Kampung Sehat Ramadhan adalah wilayah binaan Rumah Zakat dikawasan RW 15, Kel. Babakan Sari, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung. Program tersebut diresmikan oleh perwakilan dari Rumah Zakat dan Cita Sehat beserta beberapa perwakilan pejabat pemerintahan setempat pada Senin, (05/06).

“Karena esensi kampung sehat ramadhan ini merupakan wujud nyata warga RW 15 dalam melaksanakan aktivitas pola hidup sehat selama Bulan Ramadhan. Selain sehat fisik, kita juga harus sehat secara rohani, dimana keduanya saling berkesinambungan. Program ini adalah bagian implementasi untuk mewujudkan bulan Ramadhan sebagai bulan yang menyehatkan, baik secara jasmani maupun rohani,” ungkap Fadhli, Public Health Cita Sehat Bandung.

Sambutan masyarakat mengenai Kampung Sehat Ramadhan ini sangat positif. Untuk ke depannya, akan dilaksanakan berbagai agenda, seperti pembagian takjil Ramadhan bagi warga, Progam Majelis Talim Keliling, Pesantren Kilat Remaja dan peringatan Nuzulul Quran. Selain itu, tentunya berbagai aktifitas fisik dan kesehatan seperti senam dan Posyandu akan digelar rutin sepanjang bulan Ramadhan.

“Kegiatan ini sangatlah positif untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan. Selain itu bertujuan agar pola hidupnya ketika berpuasa bisa seimbang. Yaitu bisa meningkatkan kesehatan jasmani dan rohaninya, karena keduanya sangat penting dan harus berimbang. Terima kasih kepada Rumah Zakat dan Cita Sehat telah memilih Kampung Ramadhan Sehat di wilayah kami,” tutur Kasiman, Ketua RW setempat.

Untuk diketahui, Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan). (fau/rz)


Back to Top