HIJUP Ramadhan Festival 2017

Ramaikan Hijup Ramadhan Festival, Oki Setiana Dewi dan Dewi Sandra Kembali Galang Dana Pembangunan Masjid Sevila Spanyol

gomuslim.co.id- Dewi Sandra dan Oki Setiana Dewi kembali menggalang dana untuk pembangunan masjid di Sevila, Spanyol pada sesi acara Hijup Ramadhan Festival, Sabtu (10/06/2017). Pada kegiatan bertajuk “Hijup Talk, A Tile For Seville” itu, dua artis islami papan atas ini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 18 juta dari seluruh peserta yang hadir.

Sebelum penggalangan dana, Oki dan Dewi terlebih dahulu menjelaskan tentang program yang digagas oleh LSM Malaysia "Ukhwah for Ummah" ini didukung LSM Indonesia "Aksi Cepat Tanggap" (ACT) dan menjadi mitra Yayasan Masjid Sevilla. Selain itu, mereka juga menampilkan cuplikan video jejak peradaban Islam di Spanyol.

Oki menjelaskan, selamat ratusan tahun Islam berjaya di tanah Andalusia. Namun, kejayaan itu harus runtuh lantaran perpecahan di kalangan umat Islam sendiri.  Saat ini, kata OKI, umat Islam di Spanyol kesulitan untuk menjalankan ibadah di Masjid. Setiap hari, muslim di sana hanya menggunakan lantai dasar apartemen sebagai tempat ibadah dan sharing pikiran.

“Mereka sering diprotes non muslim yang ada di sana. Ketika Ramadhan, muslimnya banyak tapi tempatnya sangat kecil dan panas. Mereka tidak nyaman untuk beribadah. Jadi muslim di sana itu benar-benar butuh masjid,” ujarnya.

Oki menambahkan setiap hari di masjid Sevila selalu ada mualaf yang bersyahadat, menyatakan diri masuk Islam. “Alasan mereka menjadi mualaf karena pemberitaan media barat yang sering menyudutkan Islam. Seolah-olah Islam itu buruk. Akhirnya mereka mencari tahu sendiri apa itu Islam. Setelah tahu, mereka malah menemukan kebenaran Islam,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Dewi Sandra. Menurutnya, muslim di sana butuh pertolongan sesama muslim lainnya, tidak terkecuali muslim Indonesia yang populasinya terbesar di dunia. Bersama Oki, Dewi bertekad untuk terus mengkampanyekan penggalangan dana pembanguna masjid Sevila ini.

“Kita ingin melihat sebuah masjid besar tegak berdiri di tengah-tengah kota Seville, menjadi tempat ibadah yang nyaman bagi semua muslim yang ada di sana. Sejatinya bukan untuk mereka saja, tapi ini untuk umat Islam di seluruh dunia. Kita tunjukan kalau Islam bangkit kembali di tanah Andalusia,” tuturnya.

“Dana untuk membeli tanahnya saja masih belum cukup. Karena memang membutuhkan biayanya yang sangat besar. Untuk itu, kami bedua mengajak yuk kita bantu saudara-saudara kita yang ada di sana. Insya Allah ini jalan kita untuk dakwah,” sambungnya.

Penyanyi sekaligus presenter ini mengaku tergugah hatinya saat mendengar cerita muslim Spanyol. "Ini sangat menyentuh hati kita karena di sana ada bangunan tulisan Allah tapi ternyata dijadikan tempat ibadah orang lain. Saya miris tapi ini membuat iman saya semakin bertambah. Sampai-sampai mereka pernah mengatakan, kalian boleh saja mengambil masjid kami, tapi kalian tidak dapat mengambil iman kami,” ucapnya. (njs)


Back to Top