Begini Serunya Acara Pesantren Kilat Ramadhan Fun with ALIF 2017

gomuslim.co.id- Alquran Learning and Islamic Fun (ALIF) menggelar acara Pesantren Kilat (Sanlat) Ramadhan 1438 Hijriyah dengan peserta khusus untuk anak-anak. Kegiatan bertajuk "Ramadhan Fun with ALIF" ini menjadi alternatif pilihan liburan sambil belajar agama Islam di bulan Ramadhan tahun ini.

Ketua Pelaksana kegiatan, Khoirul Umam mengatakan kegiatan Sanlat ini merupakan program rutin tahunan dari ALIF. “Ini tahun kedua penyelenggaraan Sanlat ALIF. Alhamdulillah, tahun ini mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Jumlah peserta juga meningkat dua kali lipat dari tahun kemarin,” katanya saat ditemui gomuslim di kantor ALIF, jalan Wahid Hasyim Blok FG 12 no. 14 Bintaro Jaya Sektor 7 Tangerang Selatan, Minggu (11/06/2017).

Umam, panggilan akrabnya, menjelaskan kegiatan Sanlat tahun ini dibagi menjadi 3 batch. Setiap Batch disesuaikan dengan umur peserta dalam waktu yang berbeda. “Jadi pesertanya mulai dari anak berumur 3 sampai 5 tahun dan umur 6 sampai 9 tahun. Batch pertama tanggal  2 sampai 4 Juni, Batch kedua tanggal 9 sampai 11 Juni, dan Batch ketiga tanggal 16 sampai 18 Juni 2017 mendatang,” paparnya.

Menurutnya, pembagian Batch tersebut dilakukan supaya tidak terjadi pembludakan peserta. “Setiap Batch, kita bagi-bagi kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari tujuh anak dengan didampingi dua mentor dari kita. Selain itu, kita juga menyediakan Ramadhan Board (papan) sebagai media penilaian untuk anak-anak. Nantinya bisa dilihat puasanya, baca Alqurannya, shalatnya serta keaktifan dalam kegiatan seluruhnya,” sambung dia

Lebih lanjut, Umam menuturkan ragam acara pun telah disiapkan panitia guna memeriahkan kegiatan Sanlat. Beberapa diantaranya seperti Islamic story telling, praktik Ibadah dan hafalan, Hijaiyyah Class, One Day One Thousand, Hafiz Quran anak-anak dan lainnya.

“Kita juga ada Archery Class, ini yang outdoornya sekaligus launching bahwa sekarang ALIF sudah punya program Archery. Kalau untuk hari ini ada acara Public Speaking for Kids bersama Djakarta Creative School, Planting & Painting. Biasanya kita jadwalkan dari jam 1 siang sampai jam 5 sore, namun hari ini kita sampai buka puasa karena ada santunan anak yatim,” jelasnya.  

Selanjutnya, ada juga program Character building, Creative Building, Self Defense Class "Mengenal Aku dan Diriku", Quicky Match Anak Sholeh, Mapping Your Mind, Crafting and Fun Games. “Terakhir, nanti akan ada pemilihan Duta SANLAT ALIF. Dua orang peserta terbaik akan kami pilih sesuai penilaian para mentor,” katanya.

Kedepan, Umam dan jajara panitia berharap, kegiatan Sanlat ini berjalan lebih baik, sampai bisa masuk ke sekolah-sekolah. “Program ini kita mau tawarkan kepada sekolah-sekolah. Jadi kalau pihak sekolah meminta kami untuk menjadi Event Organizer nya, Insyar Allah siap,” ungkapnya.

“Setiap dua bulan sekali, ALIF juga ada program kunjungan atau safari ke Masjid-masjid bersejarah dan punya nilai-nilai di Jakarta. Beberapa waktu lalu kita mengajak anak-anak sahabat ALIF mengunjungi Masjid At-Tiin,” tutupnya. (njs)

 


Back to Top