Lomba Tahfidz di Bulan Ramadhan Jadi Ajang Anak Muda Perkuat Ilmu Agama

gomuslim.co.id- Pada Ramadhan tahun ini Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Mushola Abdulrahman Fakhroo (MAF) menggelar Tabligh Akbar dan Lomba Tahfidz MAF Cup II Bukit Cimanggu City, Kota Bogor, pada, Minggu (11/06/2017). Pada kompetisi kali ini, motivator Iwel Sastra, menjadi pembicara pada tabligh akbar yang menjadi pembuka Lomba Tahfidz MAF Cup II tersebut.

Dirinya mengatakan, generasi sekarang adalah generasi millenial. Generasi ini ditandai anak-anaknya cenderung lebih senang menggunakan gadget.

"Anak-anak merasa perlu memiliki akun di media sosial, mereka juga senang mengikuti perkembangan terkini dari media sosial," ujar Iwel.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut Iwel, menjadi ciri khas generasi millenial. Maka tantangan terbesar bagi generasi millenial adalah pengaruh dari media sosial itu sendiri. “Jangan sampai generasi millenial terpengaruh oleh tren negatif di media sosial,” kata dia.

Karena itu, generasi millenial perlu dibentengi dengan bekal ilmu agama yang cukup. Salah satunya dengan cara mempelajari dan menghafal Alquran. Para hafidz dan hafidzah yang mengikuti Lomba Tahfidz MAF Cup II kelak diharapkan menjadi agent of change.

"Diharapkan menjadi pribadi-pribadi yang mampu mengubah peradaban Islam ke arah yang lebih baik dengan cara menularkan hal-hal positif kepada umat," tutur Iwel.

Sementara itu, saat ini para penghafal Alquran kebanyakan usianya masih sangat belia. Banyak yang masih duduk di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Sehingga mereka masih labil.

“Untuk menanggapi hal tersebut, maka peran ustadz, ustadzah dan guru pembimbing mereka dalam proses menghafal Alquran menjadi sangat penting,” pungkasnya. (nat/dbs)

 


Back to Top