Program Sahabat Berbagi Harapan Jadi Refleksi #Zakat360 Dompet Dhuafa

gomuslim.co.id- Dompet Dhuafa menggelar acara Sahabat Berbagi Harapan bersama anak-anak pemulung, Sabtu, (10/06/2017). Kegiatan berkolaborasi dengan Yayasan Al Hakim, Ciputat, Tangerang Selatan. Anak-anak kurang mampu tersebut dijemput oleh para komunitas bikers seperti Honda Vario Club Tangerang (HVC), dan Community Vario Led Indonesia (CVLI) yang ada di Tangerang dan Jakarta.

Sahabat Berbagi Harapan sendiri merupakan program yang bertujuan untuk menebar kebahagiaan, berbagi motivasi dan semangat. Melalui program ini, DD mengajak stakeholder, masyarakat, komunitas, volunteer, donatur untuk bisa merasakan langsung dan berempati kepada anak-anak yang diberi ujian hidup. Apalagi Ramadhan menjadi momentum yang tepat karena diidentikkan dengan bulan kasih sayang dan saling berbagi dalam kebaikan.

Program Sahabat Berbagi Harapan ini tak hanya diisi dengan buka puasa bersama, tetapi juga ada kegiatan yang bertujuan menghibur dan berbagi inspirasi dengan tema-tema tertentu, seperti cinta lingkungan, cinta budaya, dan profesiku. Tema-tema tersebut disesuaikan dengan kebutuhan penerima manfaat program.

Salah satu metode yang digunakan dalam biblioterapi. Biblioterapi adalah upaya penanaman nilai-nilai positif dengan menggunakan bahan bacaan. Pada program Sahabat Berbagi Harapan volunteer akan melakukan kegiatan bersama penerima manfaat agar dapat saling berbagi dan mengambil hikmah.

 

Menurut Shoffie Afrianur, guru School Refugees (SFR)-Dompet Dhuafa, tahun ini SBH memiliki 12 titik di wilayah Jabodetabek. Kegiatan dalam Sahabat Berbagi Harapan (SBH) sendiri terdiri dari bibliotherapy, dongeng, games, sharing profesi dan sebagainya.

“Pemilihan anak-anak pemulung pada tahun ini adalah sebagai wadah apresiasi kami terhadap masa depan bangsa serta mewadahi anak-anak pemulung yang memiliki keterbatasan dalam menempuh pendidikan yang layak. Semua anak di Indonesia mempunyai cita-cita namun keterbatasan terkadang semangat yang telah ada menjadi pupus, maka itu kita berharap adanya rekan-rekan komunitas motor, blogger dan rekan-rekan ahli profesi bisa membawa semangat bangkit akan terus mengejar cita-cita yang sudah diimpikan, sekalipun dalam ruang keterbatasan”, paparnya.

Untuk itu, lewat #Zakat360 Dompet Dhuafa, diharapkan cita-cita anak-anak pemulung akan menjadi pelopor sebuah kesuksesan dalam kebangkitan ekonomi keluarga. Kemiskinan di kota-kota besar sudah menjadi belenggu keterbatasan baik pendidikan, kesehatan, serta moral maka itu diharapkan dengan campaign #Zakat360 dapat terwujud sebuah kemakmuran dari lingkaran kemiskinan.

Sekadar informasi, Yayasan Al Hakim, Ciputat. Yayasan Al Hakim yang telah berdiri sejak tahun 2010 bertujuan untuk mengangkat hakat martabat kaum dhuafa dan memberikan wawansan tentang Islam melalui pendidikan Islam berupa Taman Pendidikan Alquran (TPA) yang ditujukan untuk anak-anak di wilayah sekitar Ciputat, Tangerang Selatan. Yayasan ini memiliki empat cabang di sekitar Ciputat dimana tiga diantaranya adalah kampung pemulung.

Sebelumnya, pada Jumat (09/06/2017) Dompet Dhuafa mengajak ratusan bikers yang tergabung dalam Honda Vario Club (HVC) Se Jabodetabek dan Community Vario Led Indonesia (CVLI) untuk membagikan ribuan takjil kepada masyarakat yang sedang berpuasa. Konvoi sebar ribuan takjil ini melewati rute Mampang-Kemang-Antasari-Senayan. (njs)

 

 


Back to Top