APP Sinar Mas Produksi Kertas Halal untuk Gaet Konsumen Muslim

gomuslim.co.id- Beragam industri mulai melabelkan produknya bersertifikat halal. Hal ini juga dilakukan oleh APP Sinar Mas yang berinovasi mengimplementasikan Sistem Jaminan Halal sebagai bagian terintegrasi dari kebijakan APP dalam memroduksi produk kertas halal.

Hal ini dilakukan guna menyikapi meningkatnya keinginan umat Muslim di seluruh dunia untuk menjalani hidup sesuai syariat Islam dalam setiap aspek kehidupannya tanpa terkecuali. Bahkan pada tahun 2015, industri halal global mencapai USD1,8 triliun dan nilai ini diprediksi akan terus meningkat menjadi 2,6 triliun dolar AS pada tahun 2020 mendatang.

Tak hanya berfokus pada industri pengolahan pangan, pasar halal global saat ini juga sudah mencakupi produk farmasi, kosmetik, kesehatan, peralatan mandi bahkan perangkat medis. 

Product Manager of Color Paper and Indah Kiat Stationery, Citra Yulia mengatakan industri halal juga mulai menjangkau komponen sektor jasa seperti logistik, pemasaran, percetakan, pengemasan, branding dan pembiayaan.

“Hal ini merupakan komitmen inovasi APP dalam menyediakan produk khusus bersertifikasi halal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap produk halal," pungkas Citra.

Sertifikat halal tersebut diperoleh dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan penerapan Sistem Jaminan Halal (SJL) 23000 yang memastikan bahwa bahan baku dan zat yang terkandung dalam setiap produk sesuai dengan syariah Islam. Sistem produksi, ruang penyimpanan dan pengawasan kualitas perusahaan juga mematuhi SJL 23000.

Selain itu, evaluasi audit dilakukan secara berkala oleh pihak internal maupun eksternal yang kompeten dan independen. Kemudian melalui implementasi SJL 23000, APP Sinar Mas mempertimbangkan berbagai aspek mulai dari proses pemilihan bahan baku kertas, proses produksi hingga ruang penyimpanan khusus.

Bahan baku produk halal APP Sinar Mas bebas dari kandungan unsur haram seperti babi, alkohol, ataupun bahan turunan non halal lainnya. "Kami juga menggunakan sistem berteknologi khusus serta memiliki gudang penyimpan kertas terpisah guna menjaga kualitas produk yang dihasilkan," kata dia.

Sebelum memulai tahap proses produksi, APP Sinar Mas melakukan koordinasi antar departemen untuk memperlancar pelaksanaan produksi produk halal. Kualitas produk dimonitor ketat oleh bagian pengawasan kualitas agar produk yang dihasilkan memenuhi standar spesifikasi yang ditentukan. 

Kemudian, tim audit akan melakukan evaluasi secara bertahap untuk memastikan SJL telah diimplementasikan dengan baik dan benar. APP Sinar Mas juga mengirimkan perwakilannya ke LPPOM MUI untuk mengkaji lebih dalam terhadap pentingnya implementasi halal dan mendapatkan sertifikasi sebagai auditor halal. Dengan demikian, ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan secara saksama dalam pelaksanaan produksi. (nat/dbs)


Back to Top