Jelang Lebaran, Warga Singapura dan Malaysia Pilih Kota Batam untuk Tempat Belanja

gomuslim.co.id- Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 1438 H/2017 M tinggal beberapa hari lagi. Salah satu kebiasaan sebelum lebaran tiba adalah berbelanja. Ada hal unik yang dilakukan muslim asal Malaysia dan Singapura. Mereka lebih memilih Kota Batam Kepulauan Riau sebagai tempat berbelanja kebutuhan Lebaran 2017 dibandingkan tempat lain mapun negaranya sendiri.

Faizah, salah seorang warga Singapura mengaku lebih senang berbelanja di Kota Batam. “Kami memang lebih senang berbelanja di Batam, dan sengaja datang ke sini untuk berbelanja bersama," ujarnya. 

Faizah yang datang bersama keluarganya terlihat membawa banyak barang belanjaan di sebuah pusat perbelanjaan di Batam. Selain pakaian dan perlengkapan ibadah, ia dan keluarga juga berbelanja berbagai penganan khas.

"Berbelanja pakaian, karena di sini lebih banyak macam model dan lebih modern, tidak membosankan," ujarnya lagi.

Menurutnya, harga pakaian di Batam dinilai relatif lebih murah daripada di tempat lain karena banyak penjual di kota ini memberikan potongan harga dan promosi. Penganan khas yang dijajakan di Batam juga menarik bagi wisman. "Kami cinta kue lapis," tuturnya.

Ia juga mengatakan, berbuka puasa di Batam juga lebih menyenangkan. "Kami suka makan masakan Padang. Kami punya restoran favorit di sini. Tidak ada duanya," kata dia.

Secara terpisah, warga Malaysia, Sahira, menyatakan senang berbelanja pakaian di Batam karena modelnya lebih kekinian dan cerah warnanya. "Modelnya lebih bervariasi," kata dia. Selain berbelanja, Sahira menyatakan datang ke Batam untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Namun seorang warga Singapura lainnya, Steve, mengaku kecewa terhadap program potongan harga yang diadakan sebuah pusat perbelanjaan. "Kami harus lebih cerdas dalam berhitung. Harus bertanya lebih detil sebelum membayar. Melihat barangnya juga harus lebih jeli," kata dia.

Sejumlah pusat perbelanjaan seperti Nagoya Hill dan Mal DC di Kota Batam tampak dipadati warga dan wisman yang hendak membeli perlengkapan Lebaran pada akhir pekan. Toko-toko menawarkan berbagai program promo dan potongan harga untuk menarik minat pembeli.

Sementara itu, di Tanah Air, khususnya di Jakarta setidaknya ada empat pilihan favorit warga dalam berbelanja. Tempat-tempat perbelanjaan tersebut seperti Pasar Tanah Abang, Grosiran Pasar Pagi Mangga Dua, Pasar Cipulir, dan Blok M Square.

Tanah Abang sendiri merupakan salah satu pusat penjualan pakaian baik grosir maupun eceran yang berlokasi di Jakarta Pusat. Pasar ini memang selalu ramai dipadati pengunjung, terutama menjelang hari raya. Banyak sekali yang dijual di pasar tanah Abang, Mulai dari aneka pakaian untuk berbagai usia, kerudung, celana, rok, aksesoris bahkan menjual bahan-bahan untuk membuat pakaian.

Sedangkan Pasar Pagi Mangga juga menyediakan aneka ragam barang yang berhubungan dengan perempuan, mulai dari tas, sepatu, baju, gelang, kalung, sampai kebutuhan bayi pun tersedia di sana.

Lalu, Pasar Cipulir terdapat dua pasar disana. Ada pasar  modern ITC Cipulir Mas yang berada di sisi kanan dan Pasar Inpres Cipulir yang berada di sisi kiri. Ditempat ini, pembeli bisa menemukan banyak sekali toko busana yang menjual beraneka ragam pakaian pria maupun wanita, jilbab, perlengkapan shalat, hingga tas dengan harga yang lumayan murah. Pasar Cipulir telah dikenal oleh masyarakat sebagai pusat grosir produk textile dan pakaian jadi.

Blok M Square adalah salah satu pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan yang lokasinya berada di depan Terminal Blok M. Disini,  menawarkan berbagai pilihan berbelanja, seperti elektronik, telepon seluler, perhiasan dan pastinya pakaian. (njs/dbs)

 


Back to Top