Komunitas Muslim Kanada Dukung Program Food Bank untuk Dhuafa Selama Bulan Ramadhan

gomuslim.co.id- Komunitas Muslim bernama 'eureka' lima tahun yang lalu untuk penduduk Muslim Toronto telah melaksanaka beragam kegiatan dakwah mereka. Salah satu pendirinya, Ziyaad Mia mengatakan pada Ramadhan tahun lalu, komunitasnya telah menghasilkan usaha nasional setiap bulan Ramadhan untuk mendukung bank makanan lokal.

"Saya mendirikan Give 30 (GIVE30.ca) pada tahun 2012 karena gagasan yang saya hadapi hampir 15 tahun yang lalu. Awalnya adalah  saat saya meletakkan secangkir kopi di tempat kerja pada suatu bulan Ramadan, bercanda dengan seorang rekan bahwa puasa begitu hebat dan menghemat uang. Ramadhan memang menghemat uang orang karena mereka tidak makan siang hari. Karena bagian penting dari Ramadhan adalah belajar tentang kelaparan dan memiliki empati untuk (dan membantu) mereka yang membutuhkan, tampaknya merupakan cara sempurna untuk mengumpulkan uang guna mengatasi kelaparan. Yang penting, karena semangat Ramadhan itu cukup universal, saya ingin agar inisiatif terbuka untuk semua orang tanpa mempedulikan iman atau latar belakang, “ papar  Mia, seperti dilansir dari publikasi AboutIslam

Inisiatif Mia merupakan panggung utama pada Sabtu malam di Toronto pada acara buka puasa Ramadhan GIVTAR tahunan ketiga yang diselenggarakan oleh CivicMuslim untuk mendukung kampanye Give 30.

"Ketika kami mengetahui tentang pemberian 30 itu, kami ingin membuat iftar CivicMuslim untuk kami mendukung," kata Mohamed Awad, Founder of CivicMuslims.

Jadi pada acara GIVTAR tahun ke-3 ini, ia dan komunitasnya ikut mendukung bank makanan dalam membantu kaum dhuafa di sekitar mereka.  

Selain itu, Mark Holland, Anggota Parlemen untuk Ajax dan Sekretaris Parlemen untuk Keselamatan Publik dan Kesiapsiagaan Darurat menyampaikan pidato utama pada acara GIVTAR.

"Bila tidak kita miliki, kami menghargai apa yang kami miliki," MP Holland mengatakan kepada audiensi pada penggalangan dana yang diadakan di Center for Social Innovation. "Beri 30 memungkinkan kita untuk menerima penghargaan itu dan berbuat baik."

Mark Holland berbicara kepada Parlemen Kanada pada tanggal 6 Juni dan mengumumkan bahwa dia akan puasa selama bulan Ramadhan dan meminta semua orang Kanada untuk mendukung kampanye Give 30 yang akan menguntungkan bank-bank makanan di seluruh negeri.

"Bapak. Pembicara, di Kanada dan di seluruh dunia, jutaan umat Islam sedang merayakan bulan suci Ramadhan. Selama masa pengorbanan, empati dan refleksi ini, saya ingin semoga semuanya, Ramadan Mubarak. Untuk tahun ketiga, saya akan berpuasa lagi untuk memberi 30 selama bulan Ramadhan dan mendukung kegiatan amal yang meminta untuk mengambil tabungan dari puasa untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan, yaitu orang yang kelaparan,  "kata Mark kepada DPR. (fau/dbs)

 


Back to Top