Jadi Viral di Media Sosial, Foto Ini Pecahkan Stigma Negatif Tentang Wanita Bercadar

gomuslim.co.id- Di beberapa negara minoritas Muslim, keberadaan wanita bercadar masih mengalami Islamphobia dan diskriminasi. Namun belakangan ini seorang wanita bercadar menjadi viral karena sikap dan kebaikannya.

Setelah beredar foto yang viral di Facebook, seorang wanita bercadar membantu nenek-nenek yang terjatuh di bus. Dalam foto tersebut terlihat seorang wanita bercadar yang mengenakan pakaian serba hitam dan jaket ungu sedang menggenggam telapak tangan nenek-nenek berkulit putih. 

Terlihat seorang nenek dalam setelan celana panjang dan jaket tebal terlihat berbaring seperti tak sadarkan diri. Dengan sabar, wanita bercadar dalam posisi jongkok di sisi nenek dan terus menggenggam tangannya walau ia tak kenal.

Kejadian tersebut terjadi di bus London, Inggris. Foto itu menjadi viral di dunia maya setelah diunggah oleh salah satu pengguna Facebook, Hamza O Bakri.

Hamza bercerita kalau wanita bercadar menolong seorang nenek yang terjepit antara pintu dan tiang besi di bus El1 dengan rute Ilford ke Barking, Inggris. Hamza pun mengatakan bahwa aksi wanita bercadar yang tak diketahui namanya tersebut menunjukkan Islam itu indah bukan seperti pemberitaan buruk di berbagai pemberitaan.

Namun tidak ada waktu yang pasti kapan foto itu diambil, dalam akunnya tertera foto diunggah pada minggu lalu.

"Seorang wanita berusia 84 tahun baru saja terjepit antara pintu dan tiang besi di bus El1 dari lford ke Barking. Wanita muslim itu memegangi tangannya dan memberikan dukungan selama 20 menit sampai ambulans tiba. Ini adalah Islam yang sebenarnya sedangkan pemberitaan banyak yang memberitakan yang buruk-buruk saja," tulis Bakri di akun Facebook.

Foto wanita bercadar yang membantu nenek-nenek kemudian viral dan telah di-share lebih dari 57 ribu dan mendapat like 48 ribuan. Aksi wanita bercadar ini kemudian mendapat pujian dari netizen. 

Beragam komentar pun menuai banyak persepsi. Seperti komentar Bethany Roberts yang mengatakan kalau teroris bukanlah Muslim. "Love this. People need to realise that the terrorists are not Muslim. Its just a cover up story! Real Muslims are actually such a lovely community of people," tulis Bethany di Facebook.

Komentar positif lainnya datang dari Jordan Mortlock, "Lovely! Love it when a community can come together as one," tulis dia.

Pernyataan lain juga dikomentari oleh pengguna bernama Tracie Bariana. "I think people of the UK should seriously wake up, it's not religion that causes war, it's politics and the d***heads we as a nation vote for. I just hope that the lady who is injured is recovering bless her," tulisnya. (nat/dbs)

 


Back to Top