Selama Ramadhan, Pemerintah Arab Saudi Perketat Pengamanan Kendaraan yang Masuk Kawasan Makkah

gomuslim.co.id- Selama bulan suci Ramadhan, badan keamanan memantau lebih dari 150 ribu kendaraan yang masuk ke Makkah setiap harinya. komandan pasukan khusus untuk keamanan jalan raya, Brigadir Jenderal Ayed Bin Obaid Shuraim mengatakan pihaknya memantau kendaraan saat mereka melewati pusat pemeriksaan keamanan di Shumaisy dan Nawariya.

“Pusat Shumaisy memonitor 80 ribu kendaraan, sementara pusat Nawariya 70 ribu kendaraan setiap hari selama bulan suci. Ketika ratusan ribu umat Muslim mengunjungi Makkah untuk melakukan umrah dan menghadiri shalat Tarawih,” kata Shuraim, seperti dilansir dari publikasi Saudi Gazette.

Sementara itu, stasiun kontrol keamanan juga memantau banyak pelanggaran lalu lintas dan polisi memeriksa pelanggar peraturan tenaga kerja.

"Ketika kita melihat pergerakan kendaraan yang berlebihan kita mengalihkan rute ke Jalan Makkah Lama atau Jalan Al-Laith," ujarnya.

Petugas yang berjaga di dua pusat tersebut menghentikan semua kendaraan untuk memeriksa jumlah penumpang dan memastikan mereka mematuhi peraturan lalu lintas untuk mengurangi kecelakaan. "Kami telah mengerahkan pasukan kami di sepanjang jalan yang menuju ke Makkah," imbuhnya. 

Kemudian, kendaraan melewati enam pusat keamanan, yang dilengkapi dengan fasilitas dan petugas keamanan yang diperlukan untuk mengendalikan lalu lintas dan mencegah pelanggaran keamanan.

Berkenaan dengan pengamanan ketat, pihaknya bertujuan dalam menjamin keamanan para peziarah dan pengunjung yang datang untuk melakukan umrah dan shalat di Masjidi Haram.

"Kami juga memeriksa kendaraan makanan untuk memastikan mereka tidak membawa bahan makanan yang terkontaminasi atau kadaluarsa. Kami menyerahkan kendaraan yang telah melanggar peraturan ke pihak yang berwenang," tandasnya. (nat/saudigazette/dbs)


Back to Top