Tangkap Potensi Baru, TRAC Hadirkan Layanan Sewa Mobil Berbasis Syariah

gomuslim.co.id- Sejumlah perusahaan di Indonesia terus mencari peluang dan terobosan baru untuk menggarap bisnis berbasis syariah. Salah satunya yang dilakukan TRAC-Astra Rent A Car baru-baru ini. Jasa penyewaan mobil dari PT Serasi Autoraya (SERA) tersebut meluncurkan produk sewa mobil jangka panjang berbasis syariah bernama TRAC Syariah.

Direktur TRAC-Astra Rent a Car Hadi Winarto mengatakan layanan ini diberikan oleh divisi TRAC Corporate Rental Services yang melayani klien corporate atau B2B. Pihaknya melihat potensi dari status Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. “TRAC Syariah menjadi produk pertama di Indonesia yang secara legal menghadirkan layanan ijarah, yaitu aktivitas sewa menyewa sesuai dengan hukum Islam,” ujarnya, Selasa (13/06/2017).

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan bahwa perusahaan menggunakan akad ijarah yang membebaskan transaksi dari unsur riba, masyir, dan gharar. Selain itu perusahaan juga menjamin semua kendaraan TRAC Syariah diperoleh secara halal melalui mekanisme murabahah dan dilindungi oleh asuransi berdasarkan prinsip Islam.

“Hadirnya TRAC Syariah semakin menegaskan komitmen TRAC-Astra Rent a Car sebagai penyedia solusi transportasi yang berkualitas dan memahami kebutuhan pelanggan,” ungkapnya.

Sementara itu, General Manager TRAC Syariah, M Teddy Astra menyampaikan, layanan TRAC Syariah dihadirkan berdasarkan masukan dari banyak perusahaan yang menginginkan produk berbasis syariah dalam bisnis penyewaan mobil. Di sisi lain, TRAC-Astra Rent A Car juga melihat peluang yang besar untuk menggaet customer baru melalui layanan ini.

"Kalau melihat jumlah perusahaan berbasis syariah yang ada di Indonesia, potensi kendaraan yang bisa disewa mencapai 10.000 unit," ujar Teddy.

Saat ini kendaraan operasional milik TRAC-Astra Rent A Car yang disewa oleh perusahaan dalam jangka panjang mencapai 25.000 unit. Dengan hadirnya layanan TRAC Syariah, ditargetkan unit yang disewa bisa bertambah hingga 1.500 unit.

"Untuk tahun pertama ini, penambahan unit yang kami targetkan sekitar 1.500 unit. Situasinya memang sangat tergantung pasar, karena produk yang konvensional sudah begitu mendarah daging di semua industri, jadi memang perlu banyak edukasi," tuturnya.

Adapun keunggulan TRAC Syariah adalah keterbukaan dan keadilan pengelolaan kendaraan serta dapat dikembangkan menjadi produk mudharabah dengan konsep bagi hasil. Produk ini telah mendapatkan rekomendasi dari Dewan Syariah Nasional untuk menjalankan bisnis layanan sewa mobil berdasarkan surat rekomendasi yang dikeluarkan pada 7 November 2016.

"TRAC Syariah juga sudah mendapat rekomendasi dari Dewan Syariah Nasional untuk menjalankan bisnis layanan sewa mobil berbasis syariah," imbuhnya.

Saat ini layanan TRAC Syariah sudah dapat diakses melalui 34 cabang TRAC-Astra Rent a Car yang tersebar di 31 kota di Indonesia. Wilayah Sumatra tersedia di Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Batam, dan Bangka Belitung.

Sementara itu Pulau Jawa tersedia di Cilegon, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang. Area Kalimantan terdapat di Pontianak, Sangata, Balikpapan, dan Banjarmasin. Terakhir di wilayah timur Indonesia tersedia di Denpasar, Lombok, Kupang, Manado, Palu, Lepo, Kendari, Makassar, Ambon, dan Sorong. (njs/dbs)


Back to Top