Begini Kata Para Desainer Tentang Tren Baju Lebaran Tahun Ini

gomuslim.co.id- Ragam pilihan warna baju Muslim saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan, semula warna putih yang selama ini identik dengan busana Muslim sudah tak lagi menjadi favorit para kaum Muslimah dan menjadi warna identik busana di hari raya Idul Fitri

Desainer Dian Pelangi mengatakan baju Lebaran warna putih sifatnya timeless bisa dikenakan kapan saja termasuk saat Lebaran. "Baju Lebaran warna putih masih klasik, timeless buat Lebaran, nggak bakal orang bosan. Tapi kini trennya lebih ke warna-warna cerah. Warna monokrom dan cokelat tanah juga menjadi favorit saat ini," ujar Dian.

Hal senada juga diungkapkan oleh desainer Restu Anggraini, yang mengatakan kalau baju Lebaran warna putih selalu ramai dipakai saat Lebaran. Bahkan menurutnya baju Lebaran warna putih menjadi item fashion yang wajib dimiliki di Hari Raya.

"Warna putih itu masih jadi tren buat Lebaran pasti ya itu sudah harga mati sih kayaknya pas salat Ied itu harus banget warna putih," katanya.

Sementara itu perancang busana Muslim lainnya, Jenahara Nasution, juga memiliki pemikiran serupa. Desainer dengan sapaan akrab Jehan itu mengatakan kalau baju Lebaran warna putih sudah menjadi tradisi orang Indonesia dipakai saat Lebaran. Karena sudah menjadi tradisi itu lah maka trennya tak akan pudar.

"Baju Lebaran warna putih masih (tren), sudah jadi tradisi, kayak sebagian orang Indonesia khususnya Muslimah ini harus pakai baju Lebaran warna putih. Saat Lebaran perempuan pengen sesuatu yang kelihatan cantik, feminin, kelihatan very clean, segar, maunya yang soft, putih, karena memang sudah jadi tradisi kali ya," kata dia.

Kemudian, desainer asal Minang, Ria Miranda juga sepakat akan kehadiran baju Lebaran warna putih yang masih terus tren. Walau baju Lebaran warna putih masih dipakai saat shalat Ied tapi biasanya busana warna lain yang justru jadi pilihan wanita untuk bersilaturahmi. Palet busana cerah diprediksi akan mendominasi saat Lebaran.

Berbeda pendapat dengan desainer lainnya, perancang busana kondang Merry Pramono justru melihat tren baju Lebaran warna putih tidak tercipta pada pemakai busana syari. Menurut desainer yang memulai karier sejak 1996 itu, wanita berpenampilan syari lebih memilih palet pastel daripada putih. Tak hanya itu, warna-warna solid juga disukai para pengguna baju syari. 

Hal ini dilihat dari banyaknya permintaan yang memesan ke label busana syari Si.Se.Sa justru warna hitam yang menjadi favorit pelanggannya. Baju serba putih terlalu berisiko untuk dikenakan wanita yang sudah berpenampilan syari.

"Nggak terlalu diminati ya putih-putih, customer Si.Se.Sa banyak yang pesan warna pastel, navy blue, nggak ada sama sekali putih, nude, krem, warna kulit menjadi favorit mereka tapi paling banyak hitam. Tapi nggak hitam polos misalnya ada tambahan Swarovski dan bordir yang semakin elegan," ujar Merry. (nat/dbs/foto: ilustrasi)


Back to Top