Kota Istanbul Turki Jadi Tuan Rumah Pameran Produk Halal OIC 2017

gomuslim.co.id- Pameran berkelas internasional ini sebekumnya berlangsung di Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA). Sedangkan untuk tahun ini, Islamic Center for Development of Trade (ICDT) dan Institut Standar dan Metrologi untuk Negara-negara Islam akan menyelenggarakan Pameran Halal OIC ke-5 di Istanbul di bawah naungan Presiden Republik Turki Mr. Recep Tayyip Erdo.  Halal Expo 2017 ke-3 akan digabungkan dengan Pameran Halal OIC ke-5. Acara ini akan diselenggarakan bersamaan dengan World Halal Summit Istanbul dimana konferensi dihadiri oleh pembicara tingkat tinggi.

 

Pameran Halal OIC ke-5 ini akan diselenggarakan antara tanggal 23 dan 25 November 2017 di Pusat Pameran dan Pameran Lütfi Kirdar Internasional, Kota Istanbul, Turki.  Pembicara dalam expo ini akan memberikan ceramah di bidang Makanan Halal, Keuangan Islam, Pariwisata Islam, Tekstil Syariah, Obat Halal, produk Kimia Halal, dan Farmasi.

Halal Expo Fair yang merupakan satu-satunya platform untuk produk bersertifikasi Halal di Turki, dengan mempertimbangkan ekspektasi komersial dari perusahaan yang berpartisipasi secara aktif melakukan kegiatan pemasaran dan promosi di Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, Timur Jauh dan Amerika Serikat. Diharapkan lebih dari 200 perusahaan dan merek akan berpartisipasi dari berbagai negara dan banyak sektor terkait.

Untuk diketahui, permintaan internasional untuk produk halal telah menyaksikan pertumbuhan yang cepat setelah mencapai nilai lebih dari USD 2,3 triliun pada tahun 2015. Menurut laporan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), industri makanan dan minuman memiliki pangsa terbesar dan mendominasi dengan 67 persen dari total perdagangan produk halal dengan nilai USD 1,4 triliun. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar USD  1,6 triliun pada awal 2020.

Diperkirakan 121 juta Muslim melakukan perjalanan internasional pada tahun 2016, naik dari 117 juta pada tahun 2015, mewakili 10 persen dari keseluruhan ekonomi perjalanan. Hal ini diperkirakan akan tumbuh menjadi 156 juta pelancong pada 2020 dan menghabiskan lebih dari USD 220 miliar.

Sementara itu, Turki adalah tujuan perjalanan Muslim terbaik ke-4 di dunia pada tahun 2017 sesuai dengan penelitian paling komprehensif yang dipublikasikan di pasar perjalanan Muslim global oleh Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017. (fau/halalfocus/dbs)


Back to Top