Jalin Kerjasama di Bidang Pendidikan, BNI Syariah Siapkan Beasiswa untuk Mahasiswa UGM

gomuslim.co.id- Penguatan industri perbankan syariah di Tanah Air dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan memperbanyak jalinan kerjasama. Baru-baru ini, BNI Syariah dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding). Penandatanganan antara kedua belah pihak yang digelar di Gedung Rektorat UGM, Kamis (15/6/2017).

Salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah pihak BNI Syariah memberikan bantuan beasiswa senilai Rp 100 juta kepada mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo berharap dengan adanya kerja sama tersebut, pihaknya dapat menjadi mitra yang amanah bagi UGM.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa BNI Syariah berusaha tidak hanya sekedar menawarkan produk atau layanan perbankan namun dapat berkontribusi dalam pendidikan dan bebasiswa mahasiswa. Dengan demikian, BNI Syariah bisa berkontribusi mencetak generasi muda berhasanah.

“Sehingga BNI Syariah sebagai bank yang berhasanah dapat terus menebarkan manfaat dan memberikan manfaat bagi sesama dan rahmat bagi semesta rahmatan lil alamin," ujar Firman.

Selain memberikan beasiswa kepada UGM, BNI Syariah juga berupaya memberikan fasilitas kepada segenap civitas akademika UGM untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan jasa dan layanan Hasanah di antaranya Tabungan Haji dan Umrah, BNI iB Griya Hasanah, dan Griya Swakarya.

"Kerja sama ini dilakukan sebagai bentuk terima kasih kepadada masyarakat Yogyakarta atas dukungannya selama ini melalui BNI Syariah Yogyakarta yang telah menghimpun dana sebesar Rp 727 miliar dengan total pembiayaan konsumer dan produktif mencapai Rp 277 miliar," tambah Firman.

Sementara itu, Rektor UGM, Panut Mulyono, mengungkapkan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan BNI Syariah. Menurut dia, kerja sama universitas dengan perusahaan seperti BNI Syariah adalah keharusan di samping kerja sama lainnya seperti dengan pemerintah.

"Dengan sinergi maka sumber daya yang dimiliki bisa dimanfaatkan lebih optimal dalam usaha membangun bangsa. Semoga kerja sama ini terus meningkat secara lebih luas lagi sehingga UGM bisa lebih kuat dalam menjalankan tugas Tri Dharma-nya," kata Panut.

Sebelumnya, BNI Syariah juga telah menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Indonesia (UII). Kerjasama tersebut dilakukan menjawab animo serta kebutuhan civitas akademika UII dalam mengakses layanan perbankan berbasis syariah terus meningkat. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa sivitas akademika UII semakin tertarik dengan produk-produk perbankan syariah yang memiliki banyak keunggulan.

Rektor UII Nandang Sutrisno menyampaikan, sebagai perguruan tinggi Islam, UII memiliki tanggungjawab untuk memajukan perekonomian syariah di Indonesia. “UII merasa senang karena salah satu bank syariah terdepan di level nasional, yakni Bank BNI Syariah berkenan memperkuat jalinan kerja sama dengan kami,” ujar Nandang.

Pasalnya meski Indonesia merupakan negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia, perkembangan bank syariah di dalam negeri masih tergolong minim. Di mana market sharenya masih berkisar pada angka lima persen. Maka itu, ia berharap, setelah penandatanganan MOU kerja sama, civitas akademika UII yang bertransaksi lewat jasa keuangan perbankan syariah akan semakin meningkat.

 “Sebab secara tidak langsung ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mendukung kemajuan lembaga keuangan syariah di Indonesia. Jika bukan kita umat Islam dan institusi-institusi Islam yang mendukung, maka siapa lagi?, bahkan sekarang negara-negara Barat sudah mulai mengakui dan menerapkan sistem ekonomi syariah,” tutur Nandang. (njs/bnisyariah/dbs)

 


Back to Top