Inilah Fasilitas Tenda Baru di Arafah untuk Jemaah Haji 2017

gomuslim.co.id- Pada musim haji 2017 jamaah haji Indonesia akan menikmati tenda baru yang lebih nyaman saat puncak ibadah haji, wukuf di padang Arafah. Adanya penggantian tenda lama dengan tenda baru tersebut merupakan yang pertama kalinya dalam 100 tahun.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama Sri ilham Lubis mengatakan setiap tenda dilengkapi dengan satu unit pendingin udara (air cooler) dan dua unit kipas embun (mist fan).

“Ini dalam rangka peningkatan pelayanan bagi jamaah haji,” ujar Sri saat Pembekalan Petugas Haji Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Kamis (15/06/2017).

Kemudian, seluruh karpet di tenda juga diganti dengan yang baru. Untuk membuat kenyamanan jamaah saat membaca Alquran, penerangan dalam tenda juga dipasang lampu LED.

“Setiap dua maktab atau pemondokan tersedia satu unit genset sebagai antisipasi jika terdapat kelebihan beban listrik. Sri menambahkan tenda tersebut terbuat dari bahan PVC berkualitas tinggi anti-api yang dibuat perusahaan dari Uni Emirat Arab,” jelas dia.

Saat membuka Pembekalan Petugas Haji Arab Saudi, Selasa lalu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan tenda itu menggantikan tenda sebelumnya yang lusuh, rangka besi yang berkarat dan kerap ambruk saat terkena terpaan angin kencang.

Menurut Staf Teknis I Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah Ahmad Dumyathi Basori, tenda baru di Arafah berukuran 25 x 15 meter ini memiliki daya tampung 250 jemaah. Ada juga tenda yang berukuran lebih kecil 10 x 15 meter karena menyesuaikan bidang tanah di Arafah.

Sementara itu, adapun fasilitas lain yang tidak kalah penting adalah ketersediaan toilet tingkat yang memadai. Bahkan, untuk menjamin pasokan listrik, setiap tenda akan dilengkapi satu gen-set.

Fasilitas ini penting agar tidak terjadi gangguan dan berakibat fatal. Dengan tersedianya fasilitas yang baru diharapkan akan memberikan kenyamanan bagi jamaah haji Indonesia. (nat/dbs)

 


Back to Top