Kemenhub Usung Slogan 'Mudik Bareng Guyub Rukun' untuk Musim Mudik Lebaran 2017

gomuslim.co.id- Setiap tahun mudik di Indonesia selalu menghadirkan slogan atau tagline yang dapat menghadirkan nuansa penuh kebersamaan dan kehangatan. Untuk arus mudik lebaran 2017, Kementerian Perhubungan memiliki slogan atau tagline baru yaitu 'Mudik Bareng Guyub Rukun' sebagai temanya.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata mengatakan bahwa ‘guyub’ memiliki arti berkumpul.

“Selama mudik kan kita kumpul bareng-bareng dengan pemudik lain kan jadi kebersamaan di situ kita harus rukun biar sampai tujuan masing-masing," ujar Barata.

Slogan 'Mudik Bareng Guyub Rukun' berwarna putih dengan latar merah ini juga terpampang di spanduk maupun brosur posko terpadu angkutan lebaran.

Bila melihat situs Sekretariat Negara, slogan ini memiliki makna kedamaian dan kesejukan dalam nuansa Idul Fitri 1438 Hijriah. Penggunaan slogan ini sebagai tema mudik nasional juga diharapkan akan memberikan nilai kerukunan dan kebersamaan budaya Indonesia. Tema ini lahir karena merupakan refleksi kepedulian, kebersamaan, kerukunan, serta berangkat dari akar budaya Indonesia. 

Pada tahun sebelumnya, saat kepemimpinan Iqnasius Jonan sebagai Menteri Perhubungan, dirinya juga melontarkan slogan pada saat arus mudik Lebaran Tahun 2016. Dengan kata-kata 'Biar Terlambat Asal Selamat' sering dilontarkannya sebagai cara mengurangi angka kecelakaan saat arus mudik lebaran.

"Kewaspadaan pada sarana dan prasarana harus ditingkatkan. Bukan cuma mengantar tepat waktu, tapi bagaimana kita mengantar tujuan dengan selamat. Kalau pun ada keterlambatan tak masalah daripada bila terjadi kecelakaan akan lebih lama lagi," ujar Jonan saat memimpin apel posko arus mudik terpadu pada musim mudik tahun lalu. (nat/setneg/dbs/foto: ilustrasi)


Back to Top