Kenalkan Islam Sesungguhnya, Ratusan Warga Muslim Jerman Gelar Pawai Perdamaian

gomuslim.co.id- Semangat mensyiarkan Islam sebagai agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai cinta dan perdamaian terus dilakukan. Baru-baru ini, ratusan Muslim di Cologne, Jerman menggelar pawai perdamaian menentang segala tindakan kejahatan, Sabtu (17/6/2017). Aksi ini digelar merespon semakin maraknya serangan kejahatan, khususnya di Eropa, yang mengatasnamakan Islam.

Pada pawai perdamaian itu, para peserta aksi membawa berbagai spanduk dan papan bertuliskan "Bersama Melawan Teror" dan "Kebencian Membuat Bumi Jadi Neraka". Ada pula yang membentangkan spanduk bertuliskan "Cinta Untuk Semua, Kebencian Bukan Untuk Siapapun" serta "Seorang Muslim Melindungi Hidup, Bukan Merenggutnya".

Aksi pawai damai ini diselenggarakan komunitas muslim dalam rangka merespons serangkaian aksi teror yang melanda Eropa, khususnya Inggris. "Serangan oleh orang-orang yang membenarkan tindakan mereka dengan memohon Islam, tanpa pembenaran, menjadi lebih sering," kata seorang panitia pawai seperti dilansir dari publikasi The Independent, Ahad (18/6/2017).

Dengan diadakannya pawai damai ini, ia berharap masyarakat Eropa dapat mengenali kembali Islam yang sesungguhnya. "Iman kita telah disalahgunakan, dicemarkan, dihina (akibat aksi teror) dan terdistorsi menjadi sesuatu yang tidak dapat dikenali. Mari kita beri tanda kuat melawan kekerasan dan teror," ucapnya.

Panitia pawai, yang menamakan dirinya Not With Us, mengatakan pada awal penyelenggaraan aksi tersebut, massa yang berpartisipasi diperkirakan hanya ratusan orang. Namun seiring dengan jalannya pawai, aksi damai tersebut diikuti lebih dari seribu orang.

Di tempat berbeda, sejumlah Muslim di London, Inggris, terlihat salat di lokasi insiden mobil van yang menabrak para jamaah Masjid Finsbury Park. Insiden ini disebut melukai setidaknya 10 orang yang berada dilokasi tersebut.

Para Muslim London tersebut terlihat salat dengan khusyuk untuk para korban insiden yang terjadi pada Senin 19 Juni 2017 dini hari waktu setempat itu. Insiden penabrakan ini langsung dikutuk oleh organisasi Muslim ternama di Inggris.

“Saya benar-benar mengutuk serangan van yang tidak masuk akal dan jahat tersebut terhadap para Muslim di luar Masjid Finsbury Park, London. Menurut saksi mata ini adalah serangan yang disengaja terhadap Muslim yang tidak berdosa,” ujar pimpinan Ramadhan Foundation, Mohammed Shafiq, seperti dilansir dari publikasi Metro, Senin (19/06/2017).

Senada dengan apa yang sebelumnya disampaikan oleh Imam Masjid Finsbury Park, Shafiq juga menyebut insiden penabrakan tersebut sebagai aksi terorisme. “Komunitas Muslim Inggris membutuhkan semua orang yang baik untuk berdiri bersama dengan kami melawan kekerasan jahat ini,” ujar pimpinan Ramadhan Foundation.

Shafiq juga tidak lupa menghaturkan belasungkawanya untuk para korban insiden penabrakan tersebut. “Ucapan belasungkawa yang sedalam-dalamnya dan doa saya untuk semua korban serta keluarganya. Mereka semua ada dalam doa saya. Semoga mereka diberi ketabahan dan kesabaran,” tambahnya. (njs/independent/dbs)


Back to Top