Sambut Hari Raya Idul Fitri, Google Buat Ilustrasi Doodle dengan Edisi Mudik Lebaran 2017

gomuslim.co.id- Mudik lebaran sudah menjadi ritual khas umat Muslim Indonesia dalam rangka merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Kemeriahan khas ini disambut oleh Google Indonesia dengan menampilkan doodle mudik.
 
Seperti biasa, ada cerita di balik doodle yang dibuat oleh raksasa mesin pencari tersebut. "Doodle hari ini menandai dimulainya masa Mudik, sebuah kepulangan tahunan di Indonesia," tulis Google Indonesia melalui laman resminya.
 
Doodle mudik yang diilustrasikan oleh Google ini cukup menarik. Semua fokus di gaya mudik dengan moda transportasi darat, sebut saja bus, mobil, motor hingga bajaj. Kendaraan-kendaraan tersebut memang terkadang sering digunakan untuk mudik.
 
Seperti terlihat di gambar, tampak satu keluarga yang sedang dalam perjalanan mudik menggunakan mobil. Sang ayah mengendarai mobil tersebut, di belakangnya terdapat anggota keluarga. Agar ‘Indonesia banget’, terlihat tumpukan kardus di atas dengan tulisan ‘Google’.
 
Kemudiani sebelahnya, tampak pengendara sepeda motor yang juga dalam perjalanan mudik, lengkap dengan tumpukan barang di bagian belakang.
 
“Pemudik pulang ke kampung halamannya dengan cara apapun, mulai dari sepeda motor, kereta, mobil, dan bus. Pemerintah daerah bahkan menawarkan mudik gratis, tiket diskon membantu pengendara motor untuk naik feri dan bus," kata Google untuk menjelaskan Musim Mudik 2017.
 
Google menuliskan bahwa musim mudik ini ternyata dapat membuat sebuah kota nyaris sepi karena ditinggal para pemudik.
 
"Faktanya, penggunaan listrik di Jakarta bisa menurun hingga 70 persen saat mudik!," kata Google.  
 
Sementara itu, hal unik lainnya ketika pengguna mengklik ilustrasi tersebut, maka Google akan otomatis menampilkan berbagai hasil pencarian dengan kata kunci “mudik”.
 
Mudik sendiri merupakan istilah yang digunakan oleh orang Indonesia untuk menyebut kegiatan pulang ke kampung halaman. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan pada saat libur hari raya dan berulang setiap tahun.
 
Dalam hal ini, mudik yang dirayakan oleh Google adalah mudik yang terjadi pada libur Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2017. "Aman di perjalanan dan selamat Mudik!," tulis Google. (nat/dbs)

Back to Top