Pusat Kesehatan Haji Imbau Jemaah Indonesia Hindari Unta untuk Cegah MERS

gomuslim.co.id- Jelamg musim haji mendatang, Pusat Kesehatan Haji Indonesia menghimbau kepada jamaah haji/umrah asal Indonesia untuk berhati-hati bila ingin berfoto dan menaiki hewan unta di Tanah Suci.

Sebab, Kementerian Kesehatan Arab Saudi melaporkan tujuh kasus baru MERS-CoV selama pekan lalu. Semua kasus tersebut terkait dengan wabah terkini di rumah sakit di Riyadh. Adanya informasi tersebut cukup membuat sejumlah negara waspada pada kemungkinan ledakan wabah MERS, termasuk Indonesia.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Indonesia, Dr. Eka Jusup Singka, MSc mengatakan bahwa selama ini tim kesehatan haji Indonesia menyampaikan, jamaah haji Indonesia tidak pernah terinfeksi MERS.

"Karena upaya preventif kita yang ketat pada jamaah," ujar Dr. Eka.

Sebagai upaya preventif adanya kasus tersebut, pihaknya mengimbau untuk selalu memakai masker dan agar selalu mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, jamaah juga diimbau tidak mendekati unta.

"Jangan berfoto atau kontak langsung dengan unta, biasanya jamaah itu berfoto, selfie atau naik langsung, lebih baik mencegah daripada mengobati," tukasnya.

Selama ini petugas kesehatan selalu tegas dalam penerapan upaya preventif. Sebagian besar jamaah patuh sehingga pelaksanaan layanan kesehatan haji bisa berjalan mulus. Lebih lanjut, ia mengimbau, agar jamaah tetap pada prosedur kesehatan yang berlaku. Karena pasalnya, jumlah personil tim kesehatan haji tahun ini akan berkurang dari tahun lalu.

Pengurangan sebanyak 38 orang itu seharusnya bisa dikerahkan untuk menetap di bandara, tim mobile, melekat di sektor Madinah juga Makkah. Dr Eka menyampaikan, meski jumlah tim berkurang, pelayanan akan tetap diberikan. “Sehingga kerja sama yang baik jamaah haji untuk selalu patuh pada prosedur akan sangat membantu bagi kelancaran haji tahun ini,” pungkasnya. (nat/dbs/foto:bantenpost)

 


Back to Top