Jelang Lebaran 2017, Kemkominfo Siapkan 300 BTS Mobile

gomuslim.co.id- Pemerintah terus menyiapkan sejumlah kebutuhan demi kelancaran mudik dan Lebaran 2017. Salah satunya, baru-baru ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menyiapkan sejumlah layanan telekomunikasi dengan menambah jumlah mobile Base Transceiver Station (BTS) dan menghadirkan aplikasi Ayo Mudik.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan dua hal tersebut menjadi pembeda dari tahun sebelumnya. "Ada beberapa hal yang beda untuk mudik tahun ini, termasuk jumlah mobile BTS yang lebih banyak dan kehadiran aplikasi Ayo Mudik," ujar Rudiantara di kantor Kementerian Kominfo, Senin (19/6/2017).

Lebih lanjut, Pria yang akrab disapa Chief RA ini memerkirakan ada sekira 300 mobile BTS yang disiagakan seluruh operator seluler untuk mengatasi lonjakan trafik. Angka ini naik dari sekitar 200 mobile BTS pada tahun lalu. Semua unit mobile BTS itu ditempatkan di area berpotensi macet.

"Dengan semakin banyak mobile BTS dan jumlah peningkatannya (pemudik jalur darat, red.) yang jauh di bawah penumpang pesawat udara, diharapkan tidak ada banyak masalah nantinya," jelasnya.

Kehadiran aplikasi Ayo Mudik hasil kolaborasi Kementerian Kominfo dan startup Kudo, juga diharapkan dapat memperlancar mudik lebaran. "Karena pengalaman yang lalu lalu, kalau terjadi kemacetan selalu larinya tingginya orang berkomunikasi. Jadi diperkirakan di titik titik rawan dipasang BTS mobile," kata Rudiantara.

Ayo Mudik pada dasarnya merupakan aplikasi berbasis peta, yang dapat menyajikan informasi mengenai lokasi posko mudik insidental dari berbagai mitranya. Para pemudik juga akan mendapatkan kemudahan memperoleh berbagai informasi lain termasuk pos polisi, posko kesehatan, SPBU, dan masjid.

Rudiantara mengatakan, BTS Mobile itu berbentuk mini truk yang dipasangi menara kecil untuk memancarkan sinyal. Menurut dia, semua BTS Mobile akan dipasang di titik-titik rawan macet yang ada di pulau Jawa. "Kalau di luar Jawa praktis tidak terlalu banyak," kata dia.

Pembuatan aplikasi Ayo Mudik dilakukan oleh pemerintah sejak dua bulan yang lalu. Berbeda dengan aplikasi sejenis yang memang sudah banyak beredar di masyarakat, kelebihan Ayo Mudik terletak pada integrasi menyeluruh dari sejumlah data yang dimiliki pemerintah.

Dengan ketersediaan informasi lalu lintas dan juga layanan publik yang terdapat dalam aplikasi Ayo Mudik, Kemkominfo berharap dapat mendukung kenyamanan dan kelancaran prosesi mudik lebaran di tahun 2017.

Secara keseluruhan, layanan telekomunikasi untuk mudik lebaran pada tahun ini diharapkan berjalan baik. Terlebih, berdasarkan uji petik kualitas jaringan, seluruh operator seluler siap melayani arus mudik, Lebaran, dan arus balik 2017.

Uji petik dilakukan terhadap kualitas jaringan semua operator seluler di semua titik keberangkatan mudik yaitu Jakarta, Batam dan Balikpapan, semua jalur mudik dan arus balik yaitu kereta api jalur utara dan selatan, jalur darat Jakarta - Lampung dan Jakarta - Semarang, serta semua titik kedatangan mudik yaitu Surabaya, Makassar, Medan, Padang, Bandung, Semarang dan Lampung. Hasilnya, semua berada di atas target yang diharapkan untuk melayani masyarakat dengan baik. (njs/dbs/foto:beritagar)

 


Back to Top