Ini Rekomendasi Gaya dan Bahan Hijab untuk Mudik Lebaran ala Dian Pelangi

gomuslim.co.id- Berbagai persiapan jelang mudik tengah dilakukan oleh sejumlah wanita, salah satunya adalah busana dan hijab bagi wanita Muslim. Desainer Indonesia Dian Pelangi berbagi tips memiih hijab untu bepergian naik mobil ketika mudik lebaran.

Wanita asal Palembang ini menyarankan untuk memilih busana dan hijab untuk mudik yang materialnya tidak mudah kusut. Karena busana yang bahannya mudah kusut akan membuat  kurang nyaman selama di perjalanan. 

"Pastikan bahan nggak cepat lecak ya, karena kita lama duduk di kendaraan saat mudik. Kalau lecak semua kelihatannya kurang nyaman ya. Jadi usahakan bahannya pilih kayak bahan-bahan jersey, pokoknya material yang kira-kira nggak lecak dan pasti harus nyaman juga," papar Dian.

Selain bahan, warna juga perlu diperhatikan. “Hindari menggunakan warna yang terang untuk mudik karena mudah kotor dan merepotkan Anda selama perjalanan,” sambung dia.

Dian Pelangi lebih menganjukan menggunakan busana dan hijab untuk mudik dengan warna netral saja seperti hitam, cokelat, atau nude.

Tak hanya itu, bicara soal model hijabnya, Dian Pelangi menekankan agar tidak mengkreasikan gaya hijab yang bertumpuk. Tidak juga menggunakan cepol rambut besar karena membuat perjalanan mudik tidak nyaman. Begitu pula perhatikan penggunaan jarum.

Dia lebih menyarankan menerapkan model jilbab Turki sebagai alternatif yang nyaman untuk mudik. "Hijabnya jangan ribet, jangan pakai dalaman rambut karena kalau kelamaan pakai dalaman rambut jadi lepek nggak bagus juga buat rambut, terus juga pusing,” kata Dian.

Lebih lanjut, ia menyarankan agar menggunakan hijab yang nyaman juga yang tidak membutuhkan banyak jarum.

“Kita kan seharian di dalam mobil selama mudik, duduk sama beberapa keluarga tiba-tiba ketiduran terus nyender jarumnya bisa nusuk ke orang lain. Lebih baik model kerudungnya Turki sih menurut aku," tambahnya.

Sementara itu, untuk material hijab saat mudik, Dian lebih menyarankan untuk menggunakan bahan paris, linen, hycon juga rekomen. Tidak selalu polos, kerudung corak menurut Dian juga bisa membuat tampilan tidak bosan. Hindari menggunakan bahan yang transparan atau licin selama mudik.

Dian Pelangi pun mengingatkan selain pilihan busana dan hijab untuk mudik, penting membawa benda-benda sepele yang sering terlupakan seperti sandal buat salat di jalan, mukena, serta outerwear.

“Jangan lupa bawa outerwear, pakaian ini bisa mendukung penampilan kita, serta berguna dalam segala kondisi selama perjalanan,” pungkas Dian. (nat/dbs)


Back to Top