Diskusi Jurnalis Ekonomi Syariah: Beberapa Produk Perbankan Syariah Belum Banyak Dikenal Masyarakat

gomuslim.co.id- Perkembangan industri keuangan berskema syariah gencar dilakukan oleh berbagai produk keuangan perbankan. Bahkan, ada produk yang tidak dimiliki perbankan konvensional, tetapi ada di syariah.

Dalam Diskusi Ramadan yang digelar Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) Sulsel, kerjasama BNI Syariah, terungkap sejumlah produk syariah yang belum banyak diketahui orang, yang digelar di Hotel Novotel pada, Senin (19/06/2017).

Kepala Cabang BNI Syariah Makassar, Ahmad Zulva Adi menjelaskan beberapa layanan, seperti mobile banking, kirim uang lewat ponsel, cash management system untuk pembayaran SPP di sekolah-sekolah, hingga pengelolaan gaji karyawan di perusahaan sudah bisa dilayani oleh perbankan syariah.

Lanjut, Ahmad perbankan syariah seperti BNI Syariah, juga ikut berperan membiayai proyek-proyek besar, seperti jalan tol, hingga pembangkit listrik.

"Kita salurkan pembiayaan dengan skema sindikasi (kolaborasi dengan bank lain)," kata dia.

Selain itu, di kesempatan yang sama Ketua DPD REI Sulsel, Arief Mone, menambahkan pembiayaan konstruksi untuk pembangunan rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), justru diharapkan dari pembiayaan syariah.

“Ini untuk menutupi angka backlog perumahan Sulsel yang mencapai hingga 300 ribu rumah,” ujarnya.

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Sulsel, Mukhlis Sufri, menyebutkan jika dilihat dari fatwa-fatwa terbaru, banyak akad syariah yang justru belum dijalankan oleh bank.

“Saat ini pembiayaan konstruksi syariah mampu tumbuh hingga 29,3 persen. Itu karena beberapa bank syariah membiayai proyek-proyek besar,” tambah Kabag Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi Keuangan Daerah OJK Sulawesi Maluku Papua, Andi Muhammad Yusuf. (nat/dbs)

 


Back to Top