Ini Saran Desainer Busana Muslim Tentang Pilihan Bahan Pakaian Saat Mudik

gomuslim.co.id- Salah satu hal yang harus diperhatikan wanita berhijab saat mudik Lebaran adalah busana yang digunakan harus nyaman saat di kendaraan. Sebagian desainer tanah air menyarankan untuk tidak menggunakan baju berbahan 100% katun.

Hal ini disampaikan oleh desainer busana Muslim Hannie Hananto bahwa baju yang bahannya katun mudah kusut sehingga bisa membuat wania terlihat kurang nyaman selama perjalanan.

"Jangan katun juga nanti malah kusut sekali karena kesannya lecek. Bahannya polyester atau campuran antara katun, kaos. Kalau katun banget nanti lecek sekali apalagi naik mobil. Belum kalau mudiknya naik angkutan umum seperti kereta api atau bus," papar Hannie.

Dirinya juga menyarankan untuk menggunakan baju tiga lapis, atasan, bawahan, dan outerwear. Material untuk atasannya akan lebih nyaman menggunakan kaos. Sementara untuk warna hindari baju bernuansa cerah karena kalau keringatan selama perjalanan bisa terlihat kusam.

“Pilih baju mudik warna solid atau monokrom yang selalu netral. Jika tidak, pilihan baju mudik warna terang justru bisa membuat penampilan lebih segar selama perjalanan,” saran Hannie.

Kemudian, desainer Barli Asmara menambahkan hindari baju untuk mudik yang berpotongan A-line karena akan merepotkan. Tidak juga memakai baju untuk mudik yang ramai akan detail serta kreasi kerudung tumpuk.

"Takutnya gini, kalau kita pergi ke luar kota pakai yang A-line, kan perginya bareng beberapa keluarga juga nanti ribet. Hindari bagian tangan yang banyak ornamen, kerudung saran aku clean aja dan nggak terlau membesarkan kepala," saran Barli.

Seperti Hannie Hananto, Barli Asmara juga menganjurkan mencari bahan baju untuk mudik yang tidak mudah kusut. Material seperti dobby juga bisa menjadi alternatif agar pakaian tidak mudah kusut. Bila takut baju kusut, Barli mengatakan untuk bermain dengan corak yang membantu memberikan ilusi pada busana yang mudah lecek.

Kemudian, perancang lain, Irna Mutiara, turut menyarankan untuk memilih baju mudik yang tidak memberatkan. “Hindari memakai baju tebal yang bisa membuat Anda kurang nyaman selama perjalanan. Sedangkan buat kerudungnya, lebih disarankan untuk mengenakan hijab segi empat yang mudah diaplikasikan,” saran dia.

Bhkan saat ini hijab segi empat juga kini sedang tren dan cocok dibawa saat mudik juga Lebaran.

“Kalau kerudung sekarang itu kan perlu bergaya ya, dari tahun ke tahun berubah terus gayanya. Kalau kerudung balik lagi ke segi empat ya. Kalau kita pakai kerudung instan doang nanti foto yang lain takutnya terkesan kuno, setidaknya menampilkan sesuatu yang baru. Untuk Lebaran kerudung digital printing yang sekarang lagi booming ya," saran Irna. (nat/dbs/fot: ilustrasi)


Back to Top