Perkuat Industri Produk Halal, UEA Siap Gelar Halal Expo Dubai 2017

gomuslim.co.id- Halal Expo Dubai akan memperkuat tujuan Uni Emirat Arab (UEA) untuk memimpin dan mengembangkan industri produk halal di wilayah Arab dan sekitarnya. Dubai ini memiliki potensi dan sumber daya yang sangat besar untuk menjadi pusat ekonomi Islam dan untuk menarik investasi asing ke UEA karena negara tersebut menduduki peringkat ketiga setelah Malaysia dan Bahrain dalam ekonomi dan keuangan Islam. Untuk itu perhelatan  Halal Expo Dubai akan diselenggarakan pada 18 sampai 19 September 2017 di Dubai.

Pusat Pengembangan Ekonomi Islam Dubai dalam sebuah pertemuan baru-baru ini mengumumkan apa yang mereka sebut strategi pertumbuhan selama lima tahun ke depan sampai tahun 2021, setelah beberapa sesi keterlibatan pemangku kepentingan, dengan tujuan untuk mengukur dan memperluas pengaruhnya terhadap PDB UEA.

Strategi Dubai mengkonsolidasikan tujuh dari  Ekonomi Islam menjadi tiga. Strategi awal beroperasi sejak dimulainya sentimen di tahun 2013 berada di tujuh sektor - keuangan Islam; Industri halal; Pariwisata ramah keluarga; Infrastruktur digital; Seni, fashion dan desain Islam; standar dan sertifikasi.

 "Kami sangat terinspirasi oleh visi Yang Mulia Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum, Perdana Menteri UEA dan penguasa Dubai yang sangat antusias. Untuk membuat Dubai menjadi pusat ekonomi produk halal. Halal Expo Dubai ini adalah platform untuk menarik pelaku usaha produk halal ke UEA, “ jelas Raees Ahmed, Direktur Orange Fairs and Events, penyelenggara Halal Expo Dubai, seperti dilansir dari publikasi HalalFocus, Selasa (25/07/2017).

Strategi Dubai dalam hal ini menggunakan pendekatan dua cara. Bagian pertama berkonsentrasi pada pengembangan ekosistem Ekonomi Islam dan mencakup identifikasi indikator kinerja utama baru untuk memantau pertumbuhan sektor-sektor penting dan mengukur kontribusinya terhadap ekonomi nasional. Komponen kedua termasuk meningkatkan status Dubai sebagai referensi global untuk keuangan, industri, standar perdagangan dan budaya Islam, dan sebagai tujuan utama perdagangan halal dan wisata keluarga.

"Kami telah memilih Dubai untuk acara expo halal kami karena Dubai telah mencapai kesuksesan besar dalam agendanya untuk mengembangkan ekonomi Islam dengan pendekatan dan rencana yang terfokus untuk mengembangkan setiap sektor ekonomi ini, “ tambah Raees.

Tentang Halal Expo

'Halal Expo Dubai' adalah pameran terbesar dan satu-satunya yang berfokus pada semua aspek produk dan layanan halal, termasuk makanan halal, minuman halal, fashion halal, kosmetik halal dan produk perawatan pribadi, perjalanan halal dan pariwisata, perhotelan halal, perbankan halal dan keuangan.

Lebih dari 4.000 pengunjung perdagangan diperkirakan akan mengunjungi Pameran Halal – Dubai 2017 ini. Dari 40 negara, sementara lebih dari 100 organisasi bisnis dari 13 negara diharapkan dapat menampilkan produk dan layanan halal. (fau/dbs/foto ilustrasi: riobrio)


Back to Top