Phuket Jadi Surga Wisata Halal di Thailand

gomuslim.co.id- Sektor wisata halal di Thailand kini kian digencarkan. Salah satunya Phuket yang merupakan pulau kecil di Selatan Thailand yang terkenal dengan pasir putihnya yang eksotis.

Sebelum digencarkannya wisata halal, para wisatawan Muslim yang melancong ke luar negeri, memiliki kekhawatiran minimnya ketersediaan masjid untuk menunaikan shalat, atau menemukan produk halal seperti hotel dan restoran halal adalah persoalan paling mendasar yang mereka hadapi.

Namun, kini tidak perlu khawatir saat mengunjungi Phuket. Mencari masjid, makanan, dan hotel halal di Phuket tidaklah terlalu sulit. Kota dengan populasi umat Muslim mencapai 30 persen ini terbilang ramah terhadap wisatawan Muslim.

Beberapa kedai dan restoran halal tersebar di Phuket, sudah menjadi hal yang biasa bagi pedagang memasang tulisan halal di depan kedai untuk memudahkan wisatawan Muslim yang hendak mencari kudapan. Seperti kedai roti di Thepkasattri Road, kawasan Kota Phuket, yang terlihat ramai di kunjungi warga saat sarapan pagi.

 

Roti semacam cane disajikan dengan berbagai pilihan lauk seperti telur, daging sapi atau ayam kuah kari yang khas. Penjual di kedai roti ini pun beragama muslim, terlihat dari hiasan kaligrafi yang menceritakan kisah Nabi Nuh yang menyelamatkan binatang-binatang dari datangnya banjir bah. Ada pula kisah burung buraq yang membawa perjalanan Nabi Muhammad dari Masjid Al-Aqsa menuju Mi’raj saat peristiwa Isra Mi’raj. 

Kemudian, ada kedai pizza Z-Lay yang buka di pasar malam Chillva juga merupakan salah satu kedai yang memasang tulisan halal agar wisatawan atau warga yang beragama Muslim tidak ragu untuk mampir saat berkunjung ke Chillva.

Selain dua kedai itu, tak sulit menemukan restoran seafood dan masakan khas Thailand di Kota Phuket dan kawasan Patong yang memajang tulisan halal di depan kedai mereka.

Asisten Direktur Tourism Authorithy of Thailand, Uthit Limsakul mengatakan wisatawan muslim dari Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam, dan Timur Tengah adalah market yang besar bagi wisata di Phuket.

“Wisatawan Muslim adalah market besar kami. Phuket memiliki kemudahan akses untuk negara-negara Muslim. Ada 120 penerbangan langsung dari Malaysia dan Timur Tengah ke Phuket. Oleh sebab itu wisata halal menjadi perhatian besar kami di Phuket,” tuturnya.

Tak hanya itu, Phuket juga menyediakan empat hotel halal dan 56 masjid. “Kami memiliki empat hotel halal, satu hotel di kawasan Kota Phuket dan tiga hotel di kawasan Pantai Patong. Selain itu terdapat 56 masjid di Phuket untuk umat Muslim beribadah,” tambahnya.

Sebagai langkah upaya memberikan kepercayaan wisatawan Muslim, hotel-hotel ini juga memiliki dan menunjukkan sertifikasi halal restoran dan dapur. Keempat hotel ini adalah Hotel Metropole, The Royal Paradise Hotel and Spa, Hotel Ramada Phuket Deevana, dan Phuket Graceland Resort and Spa. (nat/kompas/dbs/foto:padangindahkemilau)