Hari Ini Tunisia Mulai Berangkatkan Jemaah Haji

gomuslim.co.id– Kantor Penerbangan Sipil Tunisia mempersiapkan penerbangan gelombang pertama jemaah haji Tunisia, Kamis (10/08/2017). Otoritas penerbangan sipil mengatakan, 72 penerbangan pulang-pergi akan disiapkan untuk melayani jemaah haji Tunisia, seperti diberitakan Almasalla, Rabu (09/08/2017).

Penerbangan jemaah haji Tunisia menuju Tanah Suci akan berakhir pada Sabtu (26/08/2017). Sementara itu, jemaah haji Tunisia mulai pulang dari Tanah Suci menuju Tunisia pada 6 September, dan berakhir pada 21 September.

46 penerbangan pulang-pergi akan dilakukan di Bandara Internasional Carthage. Bandara Internasional Sfax-Thyna akan melakukan penerbangan pulang-pergi untuk jemaah haji sebanyak 12 penerbangan.

Sementara itu, penerbangan jemaah haji melalui Bandara Internasional Djerba-Zarzis dilakukan sebanyak 6 kali penerbangan pulang-pergi. Sisa 8 penerbangan pulang-pergi jemaah haji Tunisia masing-masing akan dilakukan melalui Bandara Internasional Tozeur-Nefta, Bandara Internasional Gabès – Matmata, dan Bandara Internasional Tabarka–Aïn Draham.

Kantor Penerbangan Sipil Tunisia menyebutkan pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan jemaah haji selama berada di bandara-bandara Tunsia, seperti jasa penukaran uang, ruang pengisian baterai ponsel, ruang ber-AC, dan halaman hijau di sekitar bandara.

Selain itu, Kantor Penerbangan Sipil Tunisia juga menyediakan tempat shalat, tempat ihram bahi jemaah haji yang langsung menuju ke Jeddah, tim medis, ambulans dan fasilitas lain yang dibutuhkan jemaah haji selama di bandara.

Sebelumnya diberitakan media daring Tunisien, menurut Menteri Agama Tunisia Ahmed Adhoum, jatah kuota jemaah haji Tunisia meningkat 20% dari tahun lalu. Hal ini diberlakukan sesuai kebijakan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang menambah kuota jemaah haji seluruh negara.

Tahun lalu, Tunisia mendapat jatah kuota sebanyak 8.300 jemaah. Untuk tahun ini, kuota jemaah haji Tunisia mencapai 10.374 jiwa. Sementara itu, biaya jemaah haji Tunisia untuk tahun ini dikenakan 9.510 Dinar Tunisia atau sekitar hampir 53 juta rupiah. Alokasi biaya tersebut 2.024 dinar untuk biaya tiket penerbangan dan 7.486 untuk pemondokan dan pelayanan.

Pada musim haji tahun lalu, biaya haji Tunisia hanya mencapai sekitar 8.995 dinar. Rincian biaya tersebut 1900 dialokasikan untuk biaya tiket penerbangan dan 7.095 untuk pemondokan dan pelayanan. (ihs/dbs/foto: almasalla)


Back to Top