Bersertifikat Halal, Warung China di Singapura Ini Jadi Buruan Turis Muslim

gomuslim.co.id- Restoran penyedia makanan halal kini semakin menjamur di negara-negara yang penduduk muslimnya masih minoritas. Salah satunya di restoran penyedia makanan China di Singapura baru-baru ini. Namanya restorannya Ridhuan's Muslim Delights

Restoran ini menyediakan menu halal yang layak dikonsumsi muslim. Sang pemilik, Muhammad Ridhuan Kho mengatakan semua makanan yang disediakan restorannya sudah bersertifikat halal. Ia sendiri merupakan seorang Muslim yang terlahir sebagai keturunan China bernama Alex Kho Kiat Eng.

Kiosnya menjadi buruan para muslim di sekitar wilayah itu. Restoran itu kemudian makin dikenal dan digemari usai unggahan itu viral di media sosial Facebook. "Awalnya memang melelahkan, tapi sekarang saya menikmati saat-saat bertemu dengan banyak orang. Saya sangat bersyukur banyak orang mendukung walaupun mereka tak saling kenal," ujarnya seperti dilansir dari publikasi Asia One, Rabu (09/08/2017).

Saat ini, ia mengaku jauh lebih bahagia karena bisa berbagi makanan dengan orang-orang, terlepas dari ras. Makanan di Ridhuan's Muslim Delights menurut The Halal Eater, masing-masing dibanderol 4-4,50 dolar Singapura atau sekitar Rp 38 ribu-43 ribu.

Ridhuan yang kelahiran Sarawak itu awalnya bekerja di Singapura sebagai juru masak makanan China, saat bertemu dengan istrinya di sebuah kedai kopi Muslim di Tampines. "Kami bertemu tahun 2010, saya menjadi mualaf pada 2012 dan menikah tahun 2014," kata Ridhuan.

Keputusannya menjadi mualaf dilakukan demi cintanya kepada sang pujaan hati. Ridhuan juga rela berhenti bekerja sebagai koki makanan China. Meski demikian, saat anak pertamanya lahir, pasangan tersebut mengalami kesulitan keuangan. Ridhuan akhirnya kembali ke dapur makanan China di mana dia bekerja 16 jam setiap hari. Namun, di sana ia melakukan sedikit improvisasi untuk membuat makanan halal.

"Tak terlalu sulit untuk melanjutkan memasak makanan China," kata Ridhuan. "Saya hanya perlu mengganti beberapa bahan agar halal," katanya.

Ia akhirnya berhasil menemukan sebuah toko di kawasan Tuas yang bersertifikat halal dan bekerja di situ. Namun, ia tak sejalan dengan pemiliknya. "Aku melanggar aturan dengan menyediakan makanan halal dan tak ingin menjadi kaki tangannya lagi, karena itulah saya keluar dari pekerjaan dan membuka kios saya sendiri," ungkapnya

Ridhuan kemudian menemukan seorang teman yang menjadi pemasok bahan makanan, Melvin. Lalu ia membuka warungnya sendiri. Percaya pada keterampilan kuliner Ridhuan, Melvin menginvestasikan 6.000 dolar Singapura untuk membantu si juru masak membuka kiosnya sendiri di Benoi Road.

Hari ini, Ridhuan's Muslim Delights baru berusia empat bulan, dan Ridhuan telah berhasil membayar keseluruhan modal dari Melvin. Semua resep yang sekarang dia sajikan ditemukan olehnya sendiri, yakni Butter Cream Chicken Rice dan Salted Egg Chicken Rice menjadi best seller. "Terima kasih untuk Melvin, Saya juga sangat bersyukur ia mendukung saya selama ini," tandasnya.

Bagi Anda yang ingin mencicipi masakan di Ridhuan's Muslim Delights terdapay di Jalan Banoi Singapura, dan buka tiap hari Senin hingga Jumat, jam 10:30 - 18:30 waktu setempat, dan tutup saat Salat Jumat. Sedangkan tiap Sabtu pukul 09:30- 02:00 waktu setempat. (njs/asiaone/dbs)

 


Back to Top