Angkatan Laut Mesir Pesan Kapal Selam Buatan Jerman

gomuslim.co.id- Sebuah kapal selam serang disel-listrik tipe 209/1400 diterima oleh Angkatan Laut Mesir pada, Selasa (08/08/2017). Kapal selam tipe 209 ini diproduksi oleh Jerman sebagai pesanan kapal selam yang ke dua dari pesanan Kairo untuk pembangunan kapal selam.

Kapal selam ke dua ini mendapat nomor lambung S42 yang merupakan versi terbaru dari HDW 209 class dengan bobot 1.450 ton, dan memiliki panjang 62m. Kapal selam ini dioperasikan oleh 30 orang awak dengan menggunakan teknologi termodern, memiliki kemampuan tempur tinggi dan daya tahan yang kuat serta tingkat kesenyapan yang tinggi.

Kapal selam ini selain dipersenjatai torpedo, kapal selam ini juga dilengkapi dengan sistem rudal anti kapal UGM-84 Harpoon. Bersamaan dengan itu juga, Angkatan Laut Mesir memesan sistem rudal AGM-84 Harpoon dalam jumlah besar.

Wakil Adm Ahmed Khaled, komandan Angkatan Laut Mesir, turut berpartisipasi dalam upacara pengibaran bendera yang berlangsung di kota pelabuhan Jerman, Kiel, yang merupakan salah satu pusat maritim utama di negara Eropa.

Kapal selam tersebut sekarang diperkirakan akan sampai di Mesir di bawah bimbingan awak kapal Mesir yang dilatih di Jerman.

Selain itu, Jerman juga telah mengekspor kapal selam Tipe 209 ke sejumlah negara Amerika Latin, seperti Argentina, Brazil dan Cile, dan negara-negara Asia, termasuk India, Indonesia dan Korea Selatan.

Sementara itu, Turki adalah operator terbesar dari kapal selam Tipe 209, karena telah menerima total 14 kapal selam dari Jerman sejak tahun 1976, namun dua di antaranya telah dinonaktifkan. (nat/nusantaranews/dbs/foto:jakartagreater)

 


Back to Top