Begini Cerita Hijaber yang Populerkan Olahraga Sepeda di Saudi

gomuslim.co.id- Seorang gadis Arab Saudi, Nadima Abdulaynain (19) dalam beberapa tahun terakhir bersama teman-temannya aktif menggerakan olahraga sepeda di Jeddah. Dalam hal ini tidak ada pelarangan Islam melarang umatnya berolahraga.

Karena itu, mereka mendirikan klub sepeda. Seperti dilandir dari publikasi Saudi Gazette, pada awalnya warga Saudi kaget melihat mereka bersepeda di lingkungan jalan. Namun akhirnya mereka mendukung.

“Sejak kecil saya gemar bersepeda. Melalui kegemarannya itu, saya ingin memotivasi warga di sekitar untuk mencoba berolahraga,” ujar Nadima.

Selain itu, ia semakin terpacu ketika membaca laporan Pusat Informasi Kesehatan Nasional Kementerian Kesehatan Saudi tahun 2014 yang menyatakan hanya 29 persen wanita di Arab Saudi yang melakukan olahraga di kehidupan sehari-hari.

Hasilnya, melalui akun instagram, apa yang dilakukan Nadima mulai menjadi populer. Ia membuat sebuah kelompok WhatsApp untuk mereka yang tertarik bersepeda, menyetujui waktu dan tempat untuk bertemu.

“Kami mulai bertemu setiap Sabtu dan Rabu selama satu jam atau satu setengah jam. Beberapa dari mereka memiliki kekurangan keterampilan untuk mengendarai sepeda, namun tertarik dengan aktivitas tersebut. Kami saling membantu,” kata dia.

Sementara itu, klub yang didirikannya telah beranggotakan 20 orang dan terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung. Namun sayang setelah beberapa bulan mereka memulai kegiatan.dengan anggota lain, kegiatan klub harus berhenti. Sebab mereka harus mengajukan permohonan izin terlebih dahulu.

Saat ini mereka sedang menunggu persetujuan dari gubernur. “Kami berpikir bahwa kami seharusnya memiliki izin secara resmi agar klub kami tetap berdiri,” tukas Nadima. (nat/saudigazette/dbs/foto:saudigazette)

 


Back to Top