Sambut Tahun Baru Islam, Begini Kemeriahan Pawai Taaruf Ratusan Anak Paud di Riau

gomuslim.co.id- Beragam perayaan dilakukan dalam rangka menyambut tahun baru Islam. Salah satunya, seperti yang dilakukan ratusan anak-anak yang terdiri dari 21 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) di Kabupaten Siak, Riau ini. Anak-anak dari Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak tersebut melakukan pawai taaruf menyambut 1 Muharram 1439 Hijriyah.

Anak-anak itu menyusuri Jalan Padat Karya, Kampung Benteng Hilir, kecamatan Mempura kabupaten Siak sambil bershalawat dan menyebut asma Allah. Berbagai kostum pun mereka gunakan, mulai dari pakaian melayu dan pakaian muslim sambil membawa manggar dan spanduk “Selamat Tahun Baru Hijriyah” 1 Muharram 1439 H. Didampingi para guru dan orangtua mereka berjalan dengan penuh semangat.

Tampil polos dan kelucuan mereka sepanjang jalan, mendapat simpati dari masyarakat. Bahkan beberapa pengguna jalan memilih berhenti untuk memberikan kesempatan. Tidak sedikit yang mengabadikan menggunakan kamera telepon genggam.

Camat Mempura OK Rendra, mengapresiasi kegiatan pawai taaruf ini. “Alhamdulillah kita telah mengadakan pawai untuk yang kedua kalinya. Ini merupakan syiar bagi kita agar anak-anak tahu terhadap tahun baru umat Islam,” ujarnya, Selasa (19/09/2017).

Menurutnya, pawai ini menjadi bagian dari sosialisasi dan edukasi bagi siswa dan masyarakat. Sebab masyarakat lebih mengenal dengan kalender dan tahun baru masehi saja. Sedangkan tahun baru Islam jarang diperingati.

Sementara Anggota DPRD Siak Sujarwo mendukung kegiatan tersebut. "Kebetulan saat ini saya di Komisi I yang membidangi Pendidikan, tentu sangat mendukung kegiatan yang memberikan edukasi kepada anak-anak ini," ujarnya.

Salah satu Siswa TK Pembina Nauval Rasya Arrizqy (5), dengan malu-malu mengaku senang ikut dalam pawai ini. Dia bersama teman-temannya bisa berjalan-jalan sambil membawa bendera kecil. “Senang liat kawan-kawan ramai, adek Rasya pun ikut. Kata bu guru kami, ini untuk menyambut tahun baru Islam,” tuturnya.

Panitia Pawai mengatakan, pawai tersebut diikuti sebanyak 21 Paud se kecamatan Mempura, terdiri dari Kelompok Bermain dan TK. Pawai tersebut dimulai dari jalan depan Masjid Sultan Ismail Abdul Jalil Jalaluddin sampai ke TK Pembina kampung Benteng Hilir.

Untuk diketahui, 1 Muharram atau tahun baru Islam merupakan bulan pertama dalam kalender Islam. Tahun ini, tahun baru Islam jatuh pada hari Rabu, 20 September 2017 petang. Muharam sendiri merupakan salah satu dari empat bulan suci dalam Islam.

Kata ‘muharam’ berasal dari kata haram mempunyai arti ‘Terlarang’ atau ‘Berdosa’. Muharam juga dianggap sebagai bulan paling suci kedua setelah bulan Ramadhan. Sejumlah warga pun berpuasa sepanjang hari ini dan pada hari ke sepuluh muharam ialah hari Asyura.

Biasanya mulai 1 Muharram warga muslim berpuasa dan puasa itu sendiri berbeda antara sejumlah kelompok muslim. Seperti muslim Sunni yang hanya menjalankan puasa pada hari kesepuluh ataupun hari kesembilan dan kesepuluh. (njs/goriau/dbs)


Back to Top