Riz Ahmed Jadi Aktor Muslim Pertama yang Menang dalam Emmy Award AS

gomuslim.co.id-  Riz Ahmed telah menjadi aktor Muslim pertama, sekaligus aktor Asia Selatan pertama, untuk memenangkan Emmy berakting. Dia membawa pulang penghargaan untuk Outstanding Lead Actor di sebuah High Series Minggu malam.

"Saya ingin mengatakan bahwa selalu aneh memetik manfaat dari sebuah cerita yang didasarkan pada penderitaan dunia nyata, namun jika pertunjukan ini menunjukkan sedikit prasangka dalam masyarakat kita, Islamofobia, yang membuktikan bahwa beberapa ketidakadilan dalam sistem peradilan kita , mungkin itu sesuatu, "kata Ahmed di atas panggung, seperti dilansir dari publikasi New York Daily News.

Penghargaan tersebut diberikan untuk perannya sebagai Nasir Khan dalam The Night Of. Khan adalah seorang mahasiswa Pakistan yang terbang di Pulau Rikers setelah terlibat dalam penyelidikan pembunuhan.

Dalam pidatonya, Ahmed menekankan pentingnya representasi Muslim di TV.

"Saya pikir apa yang mulai kita lihat adalah lebih banyak kesadaran tentang betapa bermanfaatnya menceritakan rangkaian beragam cerita dan memberi tahu mereka dengan cara yang otentik lewat akting. Apa yang Anda lihat hanyalah lebih banyak kesadaran seputar percakapan ini. Dan saya pikir kesadaran adalah langkah awal untuk perubahan nyata, “ jelasnya.

Aktor berusia 34 tahun  tersebut sebelumnya pernah membicarakan stereotip di casting Hollywood. Saat berbicara kepada Parlemen pada bulan Maret, dia memperingatkan bahwa kurangnya keragaman di televisi dapat menyebabkan ekstremisme, terutama perekrutan ke ISIS.

Sebelumnya, tahun lalu, Aziz Ansari menjadi orang Asia Tenggara pertama yang dinominasikan untuk akting Emmy - namun kalah dari Jeffrey Tambor.

Aktor muslim ini juga masuk ke dalam daftar 100 orang berpengaruh di dunia versi majalah Time baru-baru ini.  Ahmed sendiri mulanya mengaku terasing di Hollywood. Jangankan di Hollywood, saat pertama bersekolah di Oxford University saja Ahmed langsung drop karena orang yang ia ajak bicara justru tertawa di depan wajahnya. Mereka bilang, wajah Ahmed mengingatkan pada teroris.

“Saya merasa terjebak di sana, berpikir tentang siapa saya, dari mana saya berasal. Tapi tempat di mana Anda sangat terjebak, di sanalah Anda harus benar-benar terjebak dan tinggal, karena di sana Anda bisa berkontribusi tentang sesuatu yang baru,” kata Ahmed.

Ia tak memungkiri, hal tersebut sangat berat. “Terkadang Anda merasa sangat kesepian. Tapi, Saya bertahan dan berhasil menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda di sana,” paparnya.

Sekadar informasi, Time baru saja merilis daftar 100 orang paling berpengaruh dunia. Daftar itu biasa dirilis majalah Time setiap tahunnya, berisi nama-nama dari artis, pemimpin, pionir, pengusaha raksasa, sampai sosok-sosok ikonis. Ada beberapa nama lama, ada juga wajah-wajah baru.

Beberapa nama baru lain yang masuk dalam daftar ini termasuk aktris Viola Davis dan Emma Stone, serta aktor Ryan Reynolds. Davis dijagokan oleh Meryl Streep, yang menganggap sang aktris telah menemukan tempatnya tersendiri di gunung terjal dan sulit bernama Hollywood. Sementara Brie Larson yang menjagokan Stone, mengatakan bahwa bintang La La Land itu adalah seorang pemberani sejati. (fau/dbs/foto: aboutislam)


Back to Top