Setelah Pulang Ibadah Haji, Desainer Ria Miranda Dapat Banyak Pelajaran

gomuslim.co.id- Pada Musim haji tahun ini beberapa selebritis dan desainer tanah air turut menunaikan rukun Islam yaang kelima. Salah satunya modest fashion designer cantik Ria Miranda.

Bagi desainer yang memiliki ciri khas busana dengan nuansa pastel ini, tak menyangka dapat menjalani perjalanan religi paling diimpikan setiap Muslim, bahkan diusianya yang cukup muda, 32 tahun.

Awalnya wanita yang akrab disapa Uni ini, memiliki keraguan dan bertanya-tanya apakah dirinya sudah mampu menjalankan perintah-Nya?

"Dalam perjalanan ini peran suamiku amat besar, dia yang meyakinkan dan terus mendorong aku bahwa kita bisa, mumpung masih kuat fisik dan ngak mesti nunggu tua untuk berangkat haji, iya kalau umur masih cukup, begitu kata suamiku," ujar Ria.

Menunaikan ibadah haji, menurutnya, menjadi suatu refleksi diri tentang kehidupan. Ibadah haji memberikannya motivasi dan semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan menjaga hubungan pada sesama manusia maupun dengan Sang Pencipta. 

"Pengalaman pribadi lebih ke punya motivasi baru dan target baru, ingin lebih ditingkatkan lagi dalam hal agama," ujar Ria, Selasa (19/09/2017). 

Meski sempat merasakan kesulitan karena cuaca di Mekkah yang sangat panas, Ria bersyukur perjalanan ibadah hajinya ini tetap berjalan dengan lancar. 

"Ini pengalaman sekali seumur hidup, Alhamdulilah semuanya lancar. Udara juga 45 derajat disana jadi lumayan menguras tenaga dan kesulitannya mungkin masalah cuaca," kata Ria.

Selain itu, ibadah haji juga menjadikannya wanita 32 tahun ini banyak mengambil pelajaran, yakni membuatnya dirinya belajar tentang perilaku orang-orang dari seluruh negara yang berbeda-beda. 

"Kayak tau dan belajar banget pokoknya dari semua orang itu beda-beda, dari semua negara datang ke satu tempat untuk berhaji, beribadah, perbedaannya bisa aku lihat, dari cara sholat dan cara berkomunikasi," ujar Ria. (nat/dbs/foto:instagram @riamiranda)


Back to Top