Pemerintah Thailand Ingin Jalin Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Keagamaan dan Perkembangan Produk Halal Indonesia

gomuslim.co.id- Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam mengatakan pemerintah Thailand ingin menjalin kerjasama antara dengan pemerintah Indonesia, khususnya dengan Kementerian Agama terutama mengenai beberapa hal terkait pendidikan dalam hal ini Pendidikan Tinggi Keagamaan (PTK) di Indonesia

"Selama ini juga sudah kita kerjasama antara pemerintah Thailand terutama program beasiswa yang kita berikan kepada mahasiswa Thailand khususnya dari Thailand Selatan. Mereka mengapresiasi terhadap program-program ini dan kita juga mengapresiasi terhadap program kerjasama yang sudah dilakukan," ungkap Nur Syam usai menerima kunjungan Duta Besar Thailand untuk Repuplik Indonesia Mr. Parkorn Siriyaphan di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta, Rabu (27/09/2017).

"Selain itu, juga kita sampaikan bahwa di perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag, kita mempunyai program 5.000 doktor untuk perguruan tinggi agama Islam, dan kita juga mempunyai program 100 doktor untuk dosen-dosen agama Buddha. Intinya kita bisa bekerjasama, dengan cara dosen-dosen Thailand atau mahasiswa Thailand dikirimkan kepada kita dan mahasiswa Indonesia atau dosen-dosen Indonesia bisa juga belajar di Thailand," paparnya.

Tak hanya peningkatan kerjasama di bidang pendidikan, disinggung pula tentang peluang kerjasama terkait dengan produk halal. Hal ini berkaitan karena program memiliki daya tarik ke depannya.

Sementara itu, pemerintah Thailand juga menginginkan diperluas kerjasama yang menyangkut persoalan produk halal.

“Upaya ini tidak hanya dalam pertemuan yang saling memahami tapi juga ke depan harus ada kerjasama dalam bentuk nota kesepahaman atau MoU, pemerintah Thailand dengan Kementerian Agama, termasuk juga kerjasama-kerjasama antar perguruan tinggi,” harap Nur Syam. (nat/kemenag/dbs/foto:kemenag)

 


Back to Top